Akses internet yang kian mudah didapatkan pada masa kini tentu saja memperderas arus informasi bagi masyarakat. Dalam implementasinya, banyak konten yang tidak tepat sasaran menyasar ke penggunanya. Perangkat smartphone seorang anak di bawah umur bisa saja mendapatkan konten yang tidak pantas melalui aplikasi-aplikasi yang tidak sengaja mereka akses.

Untuk mengurangi tersebut, Android launcher Kakatu yang dibesut oleh Kidkato asal Bandung ini coba menggalakkan program orangtua pintar dengan membatasi aplikasi-aplikasi mana saja yang bisa diakses pada perangkat smartphone Android anaknya, termasuk terhadap layanan native seperti browser. Untuk menggunakannya, pengguna harus terdaftar terlebih dahulu dengan memasukkan informasi nomor telepon orangtua dan anak, serta biodata singkat lainnya.

Berikutnya kita diharuskan membuat sebuah pin yang terdiri dari enam digit untuk mengotorisasi sistem aplikasi untuk melakukan pengaturan lebih lanjut.  Inti aplikasi ini adalah memilih aplikasi yang nantinya hanya bisa digunakan oleh sang anak. Aplikasi-aplikasi yang terpilih akan menjadi aplikasi yang bisa diakses anak selain aplikasi pesan, panggilan suara, dan kontak.

Untuk mengaktifkannya pengguna harus memilih Kakatu Launcher dan pilih opsi “always”, yang akan membawa kita ke halaman utama (Home) dengan tampilan tema default yang menarik dan cukup kekanak-kanakan. Di home deck terdapat Themes Store yang bisa diasumsikan bahwa akan banyak pilihan tema yang tersedia.

Pengguna dapat men-slide ke kiri dari home untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah diizinkan untuk diakses. Sayangnya masih ada celah di bagian ini. Ketika notifikasi pesan instan diterima, pengguna masih bisa mengakses aplikasi pesan instan melalui notification center meskipun aplikasi tersebut tidak diberi akses.

Menurut situsnya, pembaruan aplikasi Kakatu selanjutnya ditengarai akan menghadirkan fitur permainan yang mengasah kemampuan otak anak. Tidak hanya itu, mereka juga berniat memberikan fitur lokasi perangkat sang anak yang bisa  diintegrasikan dengan perangkat orangtuanya hanya dengan perintah SMS.

Fitur yang ditawarkan dan dinjanjikan aplikasi Kakatu Launcher sejauh ini sangat membantu. Walaupun begitu, sebuah media parental control belum cukup untuk mengawasi dan membatasi tanpa adanya pembelajaran moral ke diri anak-anak.

Bagi yang ingin mencoba, silakan unduh Kakatu pada tautan berikut ini karena launcher ini belum tersedia di Google Play Store.

[foto: Dok. DailySocial]