4 June 2015

by Oki Rosgani

Kalahkan Samsung dan Garmin, Xiaomi Jadi Vendor Wearable Terbesar Kedua di Dunia

Xiaomi baru saja memperkenalkan sejumlah perangkat smartphone teranyarnya di Indonesia, salah satu produk smartphone yang baru saja dirilisnya adalah smartphoneXiaomi Mi 4i.

Antusias pengguna tanah air terhadap smartphone yang menyasar pasar kelas menengah ini telah membuat penjualan Mi 4i tidak berlangsung lama, sebanyak 10 ribu unit smartphone Xiaomi Mi 4i ludes terjual dalam sesi penjualan pertama dengan waktu kurang dari 11 menit saja.

Info Menarik:Acer Ungkap Tiga Varian Baru Smartband Liquid Leap

Tak ayal bahwa pengguna di Indonesia lebih mengenal perusahaan elektronik asal Tiongkok ini sebagai vendor smartphone ketimbang produsen perangkat wearable.

Namun, tahukah Anda bahwa Xiaomi juga memiliki portofolio produk yang cukup beragam? Salah satu diantaranya adalah produk wearable device. Berkat kesuksesannya dalam memasarkan perangkat wearable tersebut, kini Xiaomi telah didapuk menjadi perusahaan wearable terbesar kedua di dunia.

Tak tanggung-tanggung, prestasi yang diraih Xiaomi menjadi produsen wearable itupun telah melibas Garmin yang harus puas berada di posisi ketiga, sementara vendor elektronik raksasa asal Korea Selatan, Samsung harus puas berada di posisi keempat.

Jika menilik tabel yang dilansir oleh IDC, selisih pengiriman produk wearableXiaomi dengan Fitbit yang berada di atasnya tidaklah terpaut jauh. Berdasarkan tabel dari IDC tersebut, pada kuartal pertama tahun 2015 Fitbit telah berhasil mengapalkan perangkat wearable sebanyak 3.9 juta unit sedangkan Xiaomi telah berhasil mengapalkan sebanyak 2.8 juta unit, sementara Garmin, Samsung dan Jawbone hanya berhasil mengapalkan perangkat wearable yang rata-rata kurang dari 1 juta unit selama periode yang sama.

Salah satu hal yang menjadikan produk Xiaomi begitu menarik bagi pengguna adalah harganya yang murah namun produknya tetap memiliki kualitas yang prima.

Info Menarik: Madosma, Smartphone dari Jepang yang Siap Sambut Windows 10 Phone

Untuk lini wearable, Xiaomi telah memproduksi perangkat Mi Band, sebuah gelang pintar yang bisa dihubungkan dengan smartphone atau tablet, selanjutnya dengan gelang pintar ini pengguna dapat memantau aktivitasnya setiap hari seperti jumlah langkah (pedometer) dan kualitas tidur.

Selain itu, perangkat ini juga memiliki kemampuan untuk memberikan notifikasi melalui getaran lembut saat smartphone yang terhubung kepadanya mendapatkan pesan atau panggilan masuk. Informasi detail mengenai spesifikasi dan fitur Mi Band dapat dilihat pada tautan berikut ini.

Pengguna bisa membeli gelang Mi Band ini melalui situs resminya di Mi.com dengan harga Rp. 225.000 saja. Dengan harga yang relatif murah ini tak heran jika banyak pengguna yang membeli produk ini dan membawa Xiaomi menjadi vendor wearable terbesar kedua di dunia.

Sumber: AndroidAndMe, IDC | Gambar Header: Mi.com