1 November 2018

by Glenn Kaonang

Yongnuo YN450 Adalah Kamera Mirrorless dengan Jeroan ala Smartphone dan OS Android

Kabarnya bakal diungkap secara resmi pada ajang CES 2019

Pernah mendengar tentang Samsung Galaxy NX? Kalau pernah, semestinya Anda sudah tidak asing dengan ide mengenai kamera mirrorless dengan jeroan ala smartphone dan sistem operasi Android. Eksperimen yang dilakukan Samsung lima tahun lalu itu jauh dari kata sukses, tapi bukan berarti pabrikan lain tidak tertarik untuk mengikutinya.

Adalah Yongnuo, produsen aksesori dan lensa kamera asal Tiongkok, yang dikabarkan sedang mengerjakan kamera semacam itu. Untuk sementara dinamai YN450, tampak pada gambar bahwa panel belakangnya didominasi oleh layar sentuh dengan tampilan mirip smartphone – saya bahkan melihat ada kamera selfie yang tertanam.

Tidak seperti Galaxy NX yang mengadopsi desain ala DSLR, Yongnuo YN450 dibuat setipis mungkin, namun di saat yang sama masih ada sedikit tonjolan di sebelah kanan sebagai hand grip. Juga kelihatan pada gambar adalah lensa 14 mm dengan wujud mirip seperti seri lensa Canon EF-L, tapi setelah diamati, tampak ada label "Yongnuo" di atas cincin merahnya.

Hal ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat Yongnuo memang juga memproduksi 'versi KW' dari sejumlah lensa Canon dan Nikon. Terlepas dari itu, semestinya kamera ini juga kompatibel dengan lensa asli Canon via bantuan adaptor.

Berdasarkan informasi yang didapat PhotoRumors, YN450 dapat merekam video 4K 30 fps, tapi tidak ada rincian mengenai sensor yang digunakan beserta resolusinya. Layar sentuhnya berukuran 5 inci dengan resolusi 1080p, sedangkan sistem operasinya mengambil Android 7.1 sebagai basisnya.

Kemiripannya dengan smartphone berlanjut sampai ke konektivitas 4G, RAM 3 GB dan storage internal 32 GB. Kapasitas baterainya cukup besar di angka 4.000 mAh. GPS, dukungan format RAW maupun slot memory card juga tersedia.

Kabarnya perangkat ini bakal diungkap pada CES 2019 di bulan Januari mendatang, bersamaan dengan nama resminya, namun Yongnuo enggan mengonfirmasinya.

Sumber: DPReview.