Categories

Gadget

Kamera Terbaru Canon Mempunyai ISO 4.000.000, Dibanderol $30.000

Glenn Kaonang - 31 July 2015

Di saat pabrikan-pabrikan kamera saling berlomba di kancah mirrorless, Canon tampaknya asik sendiri membuahkan inovasi-inovasi baru. Yang terbaru adalah kamera yang benar-benar bisa melihat di kegelapan.

Dinamai Canon ME20F-SH, kamera multi-fungsi ini sungguh tidak main-main soal 'kesehatan' penglihatannya yang luar biasa. Di dalam tubuhnya yang berbentuk kubus, bernaung sebuah sensor CMOS full-frame yang bisa mencapai tingkat sensitivitas ISO lebih dari 4.000.000. Sebagai pembanding, Sony A7S yang dikenal sebagai jagoan low-light saja hanya mempunyai ISO maksimum 409.600, sepersepuluh dari kamera ini.

Sensitivitas terhadap cahaya yang luar biasa ini memungkinkan sang kamera untuk merekam video full-HD ketika tingkat pencahayaan di sekitarnya hanya berkisar 0,0005 lux. Lagi-lagi sebagai pembanding, malam yang diterangi bulan saja mempunyai tingkat pencahayaan sekitar 0,27 sampai 1,0 lux, sedangkan 0,0001 lux adalah malam dimana bulan enggan berpenjar. Di titik ini, mata manusia saja sudah tidak bisa melihat apa-apa selain warna hitam.

Info menarik: Canon EOS 5DS dan EOS 5DS R Adalah DSLR Full-Frame dengan Sensor 50,6 Megapixel

Sebelum ini, sebenarnya sudah ada kamera-kamera yang bisa melihat di kegelapan seperti ini. Kamera tersebut adalah yang umum disebut dengan istilah kamera inframerah, akan tetapi hasil rekamannya cuma terbatas pada spektrum warna tertentu saja. Tidak demikian untuk Canon ME20F-SH, dimana hasil rekamannya tetap bisa menampilkan spektrum warna yang ada.

Rahasia di balik kemampuannya melihat dalam kegelapan terletak pada ukuran masing-masing pixel pada sensornya. Pixel-pixel ini berukuran 5,5 kali lipat lebih besar ketimbang yang terdapat di sensor CMOS milik kamera-kamera terbaik di pasaran. Sensor ini sebenarnya sudah Canon kembangkan sejak tahun 2013, dan kini telah disempurnakan sehingga mereka pun cukup percaya diri untuk memasarkannya.

Perihal lensa, Canon ME20F-SH bisa dipasangi dengan berbagai lensa EF yang ada di pasaran, baik yang diproduksi oleh Canon sendiri maupun vendor lainnya. Di bagian belakangnya, hadir sederet port yang sudah menjadi kebutuhan wajib seorang videografer profesional.

Info menarik: Kamera Nikon D810A Dibuat Khusus Untuk Para ‘Penjelajah Bintang’

Canon ME20F-SH rencananya akan mulai dipasarkan di bulan Desember 2015 mendatang, dengan harga $30.000! Lalu untuk siapa kamera berharga selangit ini? Tentunya Canon lebih menarget rumah-rumah produksi yang sering berkutat dengan reality show maupun film-film dokumenter di alam liar. Atau kalau memang sangat diperlukan, ia juga bisa dijadikan kamera CCTV.

Sekarang coba bayangkan bagaimana rasanya memakai kamera seharga mobil sebagai sebuah CCTV… :)

Sumber: Canon dan PetaPixel.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter