Categories

Gadget

Kamera Thermal Flir One Generasi Kedua Bawa Desain Baru dan Kompatibilitas Android

Glenn Kaonang - 29 June 2015

Masih ingat dengan Flir One, casing unik yang dapat mengubah iPhone menjadi detektor panas? Kini perusahaan yang sama dengan bangga memperkenalkan generasi kedua dari kamera thermography tersebut.

Flir One generasi kedua kini tidak lagi berupa casing untuk iPhone, melainkan sebuah aksesori terpisah berbobot 32 gram yang menancap pada konektor Lightning. Berkat desain baru ini, sang pengembang bisa menghadirkan versi Android-nya, yang memanfaatkan konektor Micro USB.

Meski tidak lagi berupa casing, Flir One masih mengusung komponen baterainya sendiri. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir ia menyedot daya baterai milik smartphone yang digunakan.

Info menarik: DxO ONE Sulap iPhone Anda Menjadi Kamera Saku Premium

Tidak hanya mengadopsi desain baru, Flir One generasi kedua kini juga mengemas sensor yang lebih bertenaga. Ia kini bisa ‘melihat’ berbagai objek dengan suhu -20 sampai 120 derajat Celsius. Teknik pengambilan gambarnya masih sama, akan tetapi resolusi gambar yang dihasilkan kini diklaim meningkat empat kali lipat ketimbang generasi pertamanya.

Selain penyempurnaan dari segi hardware, pihak pengembang Flir One rupanya juga ingin meningkatkan kinerja software-nya dengan menggandeng pihak developer. SDK (software development kit) baru untuk iOS dan Android pun dihadirkan. Harapannya, para developer bisa merancang berbagai aplikasi kreatif yang memaksimalkan potensi thermal imaging Flir One.

Di saat yang sama, Flir One sendiri kini juga hadir bersama aplikasi pendamping yang lebih komplet. Melalui app ini, pengguna bisa menentukan palet warna maupun mengaktifkan berbagai mode seperti timelapse dan panorama. Tidak ketinggalan, gambar yang dijepret menggunakan Flir One juga bisa dibagikan ke jejaring sosial.

Info menarik: Aksesori LED Flash Ini Bisa Dipakai dengan Aplikasi Kamera Bawaan Smartphone

Pada akhirnya, sekali lagi pertanyaan yang muncul adalah, “untuk siapa produk ini ditujukan?” Jawabannya bisa bermacam-macam. Namun intinya, Flir One dirancang agar Anda bisa melihat apa yang tak terlihat oleh mata Anda. Contoh termudah adalah saat berada di kegelapan atau di daerah yang diselimuti kabut atau asap tebal.

Flir One versi iOS saat ini sudah dipasarkan seharga $250 melalui situs resminya. Versi Android-nya diperkirakan akan segera hadir di bulan Juli dengan harga yang sama.

Sumber: Flir Systems dan Digital Trends.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter