Categories

Gadget

Kami-Oto Adalah Keyboard MIDI yang Terbuat dari Kardus

Dibuat oleh pencipta game Beatmania, perangkat dapat disambungkan ke komputer atau perangkat mobile via USB atau Bluetooth

Glenn Kaonang - 12 February 2018

Beberapa waktu lalu, Nintendo membuat gebrakan lewat Labo seperangkat aksesori untuk console Nintendo Switch yang terbuat dari kardus. Namun Nintendo rupanya bukan satu-satunya perusahaan Jepang yang mencoba menebar kejutan dengan bermodalkan kardus.

Perusahaan yang saya maksud adalah Yudo. Lewat Kickstarter, mereka memperkenalkan Kami-Oto, sebuah keyboard MIDI yang sepenuhnya terbuat dari kardus, terkecuali papan sirkuitnya. Sepintas, perangkat ini terdengar sangat mirip seperti piano kardus di Nintendo Labo.

Namun keduanya jelas sangat berbeda. Yang pertama, Kami-Oto merupakan sebuah perangkat elektronik yang fungsional, sedangkan Labo memerlukan bantuan controller Joy-Con untuk bisa beroperasi. Kedua, Kami-Oto kompatibel dengan berbagai perangkat (komputer atau smartphone), dengan mengandalkan sambungan USB.

Yang sama adalah filosofi DIY-nya. Kami-Oto harus dirakit dari nol. Namun sama dengan Labo, Anda tidak memerlukan gunting atau lem untuk bisa merakit Kami-Oto sampai selesai dalam waktu sekitar 30 menit. Masing-masing tuts keyboard-nya duduk di atas tombol-tombol silikon yang menempel langsung pada sederet pin di papan sirkuit.

Papan sirkuit tersebut merupakan rumah dari komponen elektronik Kami-Oto, mulai dari prosesor, amplifier, speaker sampai chip USB dan Bluetooth. Saat disambungkan ke smartphone misalnya, Kami-Oto bisa berperan sebagai synthesizer untuk berbagai aplikasi kreasi musik – Yudo yang memang berfokus pada pengembangan aplikasi ini sudah menyiapkan beberapa yang bisa diunduh secara cuma-cuma.

Juga menarik adalah latar belakang pengembang Kami-Oto. Pendiri Yudo, Reo Nagumo, merupakan kreator game Beatmania yang dirilis untuk PlayStation orisinil 20 tahun silam. Dari situ beliau juga sempat berkarier di Sony Computer Entertainment selama beberapa tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi bos sendiri.

Saat ini Kami-Oto sudah bisa dipesan melalui Kickstarter. Harganya cukup terjangkau: 3.000 yen (± Rp 380 ribu) untuk versi tanpa Bluetooth, atau 4.000 yen (± Rp 500 ribu) untuk versi Bluetooth yang bisa disambungkan ke iPhone atau iPad secara wireless.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter