1. Lifestyle

Kangen dengan Start Menu Windows 7? Pakai Aplikasi Start10

Salah satu keunggulan Windows 10 dibandingkan Windows 8 adalah kembalinya Start Menu yang sebenarnya. Memang ada tombol Start Menu di Windows 8.1, tetapi fungsinya berbeda, dimana Anda justru akan 'dilontarkan' ke tampilan Metro yang kurang ideal untuk PC desktop.

Start Menu di Windows 10 sendiri sedikit berbeda dengan yang ada di Windows 7. Perbedaan yang paling utama adalah hadirnya bagian khusus untuk menampilkan sejumlah Live Tile, yang masing-masing bisa disesuaikan besar-kecilnya sesuka hati.

Buat pengguna Windows 10 yang 'lompat' langsung dari Windows 7, mereka mungkin jarang memanfaatkan fitur Live Tile di Start Menu ini. Malahan, sebagian mungkin menginginkan Start Menu yang sama persis seperti milik Windows 7.

Info menarik: [Review] 10 Hari Bersama Windows 10

Kalau itu yang Anda cari, Anda bisa memanfaatkan aplikasi baru bernama Start10. Start10 memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi pada Start Menu milik Windows 10. Dan yang paling penting, Anda bisa mengganti tampilannya menjadi seperti milik Windows 7, seperti yang tertera pada gambar perbandingan di bawah ini.

Start10 sendiri dikembangkan oleh Stardock. Buat yang merasa pernah mendengar namanya, yup, ini merupakan developer yang sama yang mengembangkan software kustomisasi tampilan WindowBlinds yang populer di akhir 90-an sampai awal tahun 2000-an.

Start10 saat ini sudah bisa diunduh langsung lewat situs resmi Stardock. Harganya $5, akan tetapi tersedia pula opsi free-trial selama 30 hari sehingga Anda bisa mencobanya terlebih dulu.

Sumber: The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again