1. Lifestyle

Kantar: Android Kuasai 70% Pasar Eropa dan 52% Pasar Amerika Serikat

Menutup bulan Juni 2013, Kantar seperti biasa merilis laporan mengenai perkembangan pasar sistem operasi perangkat bergerak. Dalam laporan terbaru ini, Kantar mengeluarkan hasil analisis pasar sistem operasi untuk perangkat bergerak pada periode Maret hingga Mei 2013.

Secara umum, sistem operasi Android semakin dominan baik di pasar Eropa maupun Amerika Serikat. Di 5 pasar terbesar Eropa yang terdiri dari Inggris Raya, Jerman, Perancis, Italia, dan Spanyol, Android menguasai hingga 70% pangsa pasar sistem operasi bergerak, naik dari 61,3% pada periode yang sama tahun lalu. Sementara di Amerika Serikat, Android masih terus bergantian dengan iOS memuncaki pangsa pasar perangkat bergerak di sana. Pada periode ini, Android unggul dengan pangsa pasar sebesar 52%.

Di peringkat kedua, iOS bertahan cukup kuat di Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia dan Cina. Di Amerika Serikat, iOS memiliki pangsa pasar sebesar 41,9%. Sementara di Inggris Raya, Australia dan Cina, iOS memiliki pangsa pasar masing-masing sebesar 29,9%, 28,5%, dan 23,6%. Di luar keempat negara tadi, pangsa pasar iOS tidak menembus angka 20%.

Sistem operasi keluaran Microsoft, Windows Phone, nampaknya semakin stabil mengukuhkan diri sebagai ekosistem ketiga. Di seluruh negara yang didata oleh Kantar pada laporan kali ini, Windows Phone konsisten memiliki pangsa pasar terbesar ketiga dan semakin memperbesar jarak dari BlackBerry. Kabar yang lebih menggembirakan bagi Microsoft, hanya di dua negara saja Windows Phone mengalami penurunan pangsa pasar. Selain di Jerman dan Australia, Windows Phone mencatatkan tren positif selama periode Maret hingga Mei tahun ini.

Terakhir, BlackBerry belum kunjung juga membalikkan keadaan. Dari seluruh negara yang didata oleh Kantar pada laporan ini, BlackBerry hanya mengalami tren positif di Australia. Di negara-negara lainnya BlackBerry masih tetap mengalami pertumbuhan negatif.

Dengan masuknya Firefox OS yang baru saja merilis ponsel pintar komersial pertamanya, dirilisnya sistem operasi iOS 7 dan kemungkinan iPhone versi murah, serta mulai masuknya perangkat murah Q5 yang berbasis BlackBerry 10, saya sendiri memprediksikan perubahan pangsa pasar yang cukup dinamis di akhir kuartal ketiga nanti. Statistik lengkap dari Kantar bisa dilihat pada gambar berikut ini.

 

[gambar via]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again