2 April 2013

by Iqbal Farabi

Kantar: Android Perbesar Pangsa Pasar di Amerika Serikat

Seperti biasa, di awal bulan Kantar kembali merilis laporan mengenai pangsa pasar sistem operasi untuk ponsel pintar. Kali ini, Kantar merilis laporan pangsa pasar untuk pasar Amerika Serikat periode Desember 2012 hingga Februari 2013.

Meneruskan tren positif dari laporan sebelumnya, Android semakin memperbesar pangsa pasarnya di Amerika Serikat. Dalam periode tiga bulan hingga akhir Februari lalu, Android menguasai lebih dari setengah pangsa pasar ponsel pintar di AS dengan angka 51,2%. Angka ini sedikit meningkat dari angka 45,4% di periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara saingan terberat Android, iOS, mengalami penurunan pangsa pasar menjadi 43,5%. Pangsa pasar ini juga menurun dari angka 47% pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Demikian juga, jika merujuk ke laporan Kantar bulan lalu yang mengukur pangsa pasar dari November 2012 hingga Januari 2013, iOS mengalami penurunan dari angka 45,9%.

Di posisi selanjutnya, sistem operasi mobile berbasis Windows memantapkan posisinya sebagai ekosistem ketiga dengan pangsa pasar 4,1%. Ini peningkatan yang cukup baik dibandingkan angka 2,7% pada tahun sebelumnya.

BlackBerry semakin menunjukkan grafik menurun dengan pangsa pasar 0,7%, merosot dari angka 3,6% di tahun sebelumnya. Meskipun tentunya pangsa pasar ini belum memperhitungkan angka penjualan BlackBerry Z10 yang baru diperkenalkan pada 30 Januari lalu dan baru tersedia di akhir Maret di berbagai operator seluler di AS. Sepertinya kita masih harus menunggu angka-angka di kuartal kedua untuk bisa menilai performa BlackBerry Z10 di pasar.

Rangkuman keseluruhan komposisi pangsa pasar ini dapat dilihat pada tabel berikut.

Sumber: Kantar. Gambar: DroidViews.