Dark
Light

Kantar: iOS Mengukuhkan Dominasi di Amerika Serikat

1 min read
January 23, 2013

Lembaga riset pasar Kantar World Panel kembali merilis laporan terbaru mengenai pasar sistem operasi perangkat mobile. Pada laporan berdasarkan hasil penjualan perangkat ponsel pintar di Amerika Serikat selama kuartal keempat 2012 ini Kantar menyebutkan bahwa iOS semakin mengungguli Android dengan meraih 51,2% pangsa pasar berbanding 44,2% yang diraih oleh Android.

Pada laporan sebelumnya di bulan November lalu, Kantar memang memprediksikan bahwa dominasi iOS di pasar Amerika Serikat akan bertahan paling tidak selama dua kuartal sejak rilis iPhone 5. Setidaknya pada kuartal ini prediksi Kantar tersebut masih akurat.

Selain itu, berpindahnya pengguna sistem operasi lain ke iOS juga menjadi penyebab menguatnya iOS di pasar Amerika Serikat. Menurut Marry-Ann Parlato, analis dari Kantar, sebanyak 19% pengguna Android di Amerika Serikat berpindah menjadi pengguna iOS selama tahun 2012 lalu. Angka perpindahan basis pengguna ini meningkat jika dibandingkan 9% pada tahun 2011. Secara keseluruhan, 36% pengguna iOS pada tahun 2012 adalah pengguna yang berpindah dari sistem operasi smartphone lainnya.

Sementara di tempat ketiga, Windows berhasil mengambil alih posisi tersebut dari Blackberry OS. Dengan pangsa pasar yang naik menjadi 2,6% dari 2,2% pada kuartal yang sama di tahun 2011, Windows rupanya akhirnya berhasil menjadi ekosistem ketiga di pasar Amerika Serikat.

Blackberry OS sendiri merosot jauh dibandingkan tahun 2011. Pada kuartal keempat 2012 Blackberry OS memiliki pangsa pasar sebesar 1,1%, jauh berkurang dari pangsa pasar mereka di tahun 2011 yang masih sebesar 6,1%.

Saya sendiri memperkirakan tahun 2013 ini pasar sistem operasi perangkat ponsel pintar akan semakin dinamis. Dengan Microsoft yang terus mendorong Windows Phone 8, RIM yang akan segera merilis perangkat-perangkat berbasis Blackberry 10, dan aneka sistem operasi baru yang mulai bermunculan seperti Firefox OS, Sailfish, dan Tizen, tentunya pilihan bagi konsumen semakin terbuka lebar. Sistem operasi mana yang berhasil mencuri porsi pasar iOS dan Android nantinya?

 

Sumber Gambar: Gizmodo.

Previous Story

Microsoft Surface Pro Mulai Dijual 9 Februari di Amerika Serikat dan Kanada

Next Story

Pembuat Mobil Ford Undang Pengembang Ikuti Ford Developer Program

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas
Review Poco X6 5G Hybrid

Review Poco X6 5G, Performa Ekstrem dan Sudah Dapat Pembaruan HyperOS

Poco X6 membawa layar AMOLED 120Hz dengan Dolby Vision lalu