Categories

Berita

Kantor Pusat Mecapan Sediakan Area Pertemuan Pengguna dan Penyedia Layanan Kecantikan

Melakukan ekspansi bisnis ke Bandung, berencana menggalang dana Pra Seri A tahun ini

Yenny Yusra - 29 March 2019

Hadir sejak tahun lalu di Jabodetabek menawarkan jasa on-demand perawatan kecantikan, Mecapan mendirikan kantor pusat di kawasan Jakarta Selatan yang sekaligus berfungsi sebagai fasilitas kecantikan -- yang dinamai Mecapan HQ.

Selain menjadi kantor operasional perusahaan, Mecapan HQ bisa berfungsi sebagai meeting point antara pengguna dan beauty service provider setelah melakukan pemesanan melalui aplikasi. Beberapa ruangan juga bisa digunakan untuk umum, seperti event space, pool area, dan photo studio.

"Kita memang berawal dari aplikasi untuk pemesanan layanan kecantikan di mana saja dan kapan saja oleh pengguna. Namun karena misi kita adalah menjalin kolaborasi yang langgeng dengan beauty service provider, akhirnya Mecapan HQ kami dirikan," kata CEO dan Co-Founder Mecapan Naula Kamila.

Mecapan juga sedang menjajaki kemitraan dengan beberapa coworking space untuk memudahkan beauty service provider beroperasi, sehingga pengguna coworking space tersebut bisa menikmati layanan kecantikan langsung di tempat.

"Kita melihat kesempatan tersebut terbuka bagi kami untuk menempatkan booth yang berfungsi sebagai cabang atau perwakilan Mecapan yang bisa digunakan oleh pengguna hingga tenant di coworking space tersebut," kata COO Mecapan Galih Taufiqurrahman.

Menargetkan 200 ribu pengguna

Saat ini Mecapan mengklaim telah memiliki lebih dari 1500 beauty service provider dan sekitar 49 ribu pengguna. Di akhir tahun diharapkan perusahaan bisa memiliki sekitar 200 ribu pengguna di Indonesia. Selain Jabodetabek, bulan Maret ini Mecapan berencana melakukan ekspansi ke Bandung. Mecapan menyebutkan sudah menggandeng lebih dari 100 beauty service provider di kota kembang tersebut.

"Kita melihat ternyata bukan [di] Jabodetabek saja peminat Mecapan berada. Di kota-kota lainnya, di luar Jabodetabek, banyak juga beauty service provider hingga pengguna yang sudah mendaftar dan menginginkan layanan Mecapan hadir di kota mereka," kata Naula.

Platform Mecapan adalah end-to-end mobile management untuk jasa kecantikan, yang terdiri dari dua aplikasi yang berbeda, yaitu Mecapan untuk pelanggan dan Mecapan for Business untuk penyedia layanan kecantikan.

Penggalangan dana

Tahun lalu Mecapan mendapatkan dana segar senilai RM300,000 (lebih dari 1 miliar Rupiah) dari sejumlah investor Malaysia. Tahun ini, meski tidak menjadi prioritas utama, perusahaan berencana kembali menggalang dana di tahapan Pra Seri A.

"Fokus kita saat ini bukan melakukan fundraising dulu meskipun harapannya bisa mengejar ke tahapan Seri A segera, tapi fokus untuk membangun komunitas hingga menambah layanan di beberapa lokasi untuk merangkul lebih banyak beauty provider dan pengguna di kota-kota besar lainnya di Indonesia," kata Galih.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter