Categories

Gadget

Kaos Pintar C3fit IN-pulse dari DoCoMo Ditujukan Bagi Anda yang Aktif Berolahraga

Yoga Wisesa - 9 October 2014

DoCoMo adalah salah satu perusahaan telekomunikasi besar di Jepang yang juga menyajikan berbagai jasa keselamatan seperti sistem peringatan gempa bumi hingga teknologi perlindungan sipil. Demi memperluas layanannya, DoCoMo coba masuki lini kesehatan dan olahraga dengan memperkenalkan produk wearable device dalam penampilan yang jarang kita temui.

Sang operator mobile asal Jepang itu mengumumkan C3fit IN-pulse di ajang Combined Exhibition of Advanced Technologies Jepang. Ia merupakan satu dari sedikit produk smart shirt atau kaos pintar, dijanjikan memiliki fungsi sensor dan pengolahan data jauh lebih lengkap dari sekedar smartband. DoCoMo C3fit IN-pulse mendukung banyak aktivitas olah fisik karena sistem input uniknya.

C3fit IN-pulse mempunyai dua bagian: kaos canggih berbahan e-textile nanofiber berbekal teknologi hitoe rancangan Goldwin Inc, dan device Transmitter 01 untuk ditambatkan di bagian dada. Kombinasi keduanya memungkinkan t-shirt pintar ini membaca detak jantung pengguna secara sangat akurat, mengolahnya, kemudian memberikan hasil analisa via perangkat pintar.

Di sisi software, C3fit IN-pulse akan bekerja sempurna dengan layanan Runtastic, hasil kolaborasi DoCoMo dan developerapp fitness asal Austria itu. Aplikasi menawarkan enam jenis latihan berbeda; berlari, jalan, bersepeda, gerakan squatting, push up, pull up dan sit up. Pengguna juga bisa memilih 30 program latihan yang tersedia di sana. Biaya berlangganannya sangat murah, hanya ¥ 350 (Yen) per bulan atau sekitar US$ 3,25.

 

Info menarik: Silmee Bar type, Wearable Device dari Toshiba, Akan Diluncurkan di Bulan September

 

Untuk membaca data biometrik tubuh, C3fit IN-pulse harus 'melekat ketat' di tubuh layaknya pakaian olahraga. Hal ini tidak masalah bagi pengunjung setia gimnasium atau penggemar yoga bertubuh fit. Tapi ia mungkin tak terlihat bagus jika kita memiliki tubuh terlalu gemuk atau kurus. Untungnya, tersedia empat pilihan ukuran: S, M, L dan XL.

Berkeringat ialah hal lumrah ketika berolahraga, dan baju pintar DoCoMo C3fit IN-pulse serta device Transmitter 01 mampu menahan air selama Anda tidak membawanya berenang. Sayang, kaos bermaterial nanofiber tersebut hanya dapat dicuci 100 kali sebelum kemampuannya berkurang. Pertanyaan saya: biar awet, apakah sebaiknya kita sekalian tak usah mencucinya saja?

Satu buah DoCoMo C3fit IN-pulse dibanderol seharga US$ 100. Namun agar baju pintar itu bisa bekerja, Anda juga memerlukan Transmitter 01 yang ditawarkan di harga US$ 100. Unit terakhir ini tak perlu diganti saat membeli kaos barunya.

Via Damn Geeky. Sumber: NTTDoCoMo.co.jp. Gambar header: Ringo-Sanco.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter