Categories

Feature

Karakteristik Big Data dalam Mendukung Bisnis

Mampu mengelola data yang besar dengan berbagai jenis dan sumber data

Prayogo Ryza - 19 October 2016

Teknologi big data mengumpulkan banyak data set tiap harinya untuk bisa diolah demi menghasilkan sebuah wawasan yang lebih baik. Set data tersebut bisa saja beraturan, bisa saja tidak. Big data bisa menghasilkan sebuah analisis untuk menunjukkan tren, hubungan atau pola dari kebiasaan-kebiasaan yang dipelajari dari data-data yang ada. Hal ini lah yang kemudian coba dioptimalkan oleh bisnis untuk bisa lebih jauh memahami pasar, pelanggan dan berbagai peluang.

Big data pada dasarnya memiliki beberapa karakteristik seperti halnya kemampuan menampung data set dengan ukuran yang besar. Kemampuan menampung jumlah data set dalam jumlah besar ini cukup berguna untuk menampung data dari berbagai channel, seperti transaksi, media sosial, dan sumber-sumber lain.

Pengumpulan data ini juga didukung oleh karakteristik big data lainnya yakni kecepatan yang tinggi. Karakteristik yang satu ini sangat menunjang karakteristik lainnya. Dengan aliran data yang cepat big data bisa lebih banyak lagi menampung data lebih banyak lagi. Karakteristik ini sangat membantu. Terlebih untuk data-data yang bersifat real time.

Karakteristik lainnya dari big data adalah mampu menampung kompleksitas. Karakteristik ini mampu mengakomodir data yang berasal dari banyak sumber yang kemungkinan memiliki hubungan satu sama lain.

Salah satu perangkat lunak database yang sering dihubungkan dengan big data adalah NoSQL. NoSQL disebutkan mendukung pengelolaan database dengan skema yang dinamis. NoSQL juga dikenal sebagai perangkat lunak database yang fleksibel, terukur, dan bisa dengan mudah disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

NoSQL juga disebut-sebut sebagai salah satu perangkat lunak database yang bisa mengoptimalkan sistem real time. Hal ini disebabkan oleh NoSQL yang memang dirancang untuk mampu mengakomodir pekerjaan atau sistem dengan kebutuhan akses data yang cepat.

Penggunaan teknologi big data secara umum sedikit banyak telah memberikan dampak dalam dunia bisnis. Big data juga telah mengubah perilaku bisnis dalam mengkonsumsi data, memanfaatkan banyak sumber data, dan mengolahnya lebih baik lagi untuk mendapatkan wawasan yang nyata.

Big data adalah sebuah peluang. Bisnis yang sudah melihat bagaimana memberikan dampak harusnya tidak ragu untuk menempatkan investasi di sektor big data, terlebih untuk perangkat lunak dan infrastrukturnya.

Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter