Karir.com Segera Sematkan Fitur “Online Interview”

Karir.com Segera Sematkan Fitur “Online Interview”

Akhir bulan Desember berencana meluncurkan fitur online interview, tahun depan akan menghadirkan layanan yang memungkinkan perusahaan melakukan interview secara "real time"
CEO Karir.com Dino Martin dalam peluncuran fitur Salary Benchmark 2.0 / DailySocial
CEO Karir.com Dino Martin dalam peluncuran fitur Salary Benchmark 2.0 / DailySocial

Kemarin (14/12) Karir.com, salah satu pionir portal pencarian kerja di Indonesia, mengumumkan pembaruan salah satu fitur unggulannya, yaitu Salary Benchmark. Di samping itu, CEO Karir.com Dino Martin juga mengungkapkan beberapa pencapaian Karir.com di tahun 2016 dan juga rencana-rencana Karir.com untuk melangkah di tahun 2017 mendatang. Salah satunya adalah untuk menghadirkan layanan online interview untuk memudahkan perusahaan dalam mewawancarai calon pegawainya, baik itu yang berupa rekaman ataupun real-time.

Pencapaian Karir.com di tahun 2016

Karir.com adalah salah satu pionir perusahaan Indonesia yang bergerak di layanan pencarian kerja. Beroperasi di akhir 90-an, kini Karir.com sendiri beroperasi di bawah bendera Grup EMTEK setelah diakusisi secara resmi pada tahun 2015 silam. Perubahan dan pencapaian pun banyak terjadi setelah masa peralihan tersebut, terutama di sepanjang tahun 2016 ini.

CEO Karir.com Dino Martin mengungkapkan kepada DailySocial bahwa kini trafik kunjungan Karir.com telah jauh meningkat bila dibandingkan waktu baru diambil alih. Ketika baru diambil alih oleh EMTEK, menurut Dino, trafik kunjungan Karir hanya menyentuh 800.000 kunjungan. Namun, kini angkanya telah naik menjadi di atas lima juta kunjungan yang juga diiringi peningkatan posisi di Alexa, dari 1700-an menjadi 400-an.

Dari sisi database yang bagus untuk pencari kerja, Dino mengklaim bahwa angkanya telah bergerak dari 1,1 juta ke hampir 2 juta dalam kurun waktu satu tahun. Sedangkan untuk database perusahaan juga ikut bertambah sekitar 12 ribuan di sepanjang tahun 2016 ini.

Dino mengatakan, “Kami juga [sudah mengintegrasikan] banyak online tools yang bisa digunakan oleh para pencari kerja. Contohnya ada Aptitude Test, English Test, dan di tahun depan kami [berencana] ada tes inteligensi umum, yang mirip-mirip dengan IQ test. Itu online juga.”

Selain digunakan oleh para pencari kerja, tes tersebut juga menurut Dino bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menguji kompetensi dari para calon pegawainya.

Rencana-rencana di tahun 2017

Di samping menyematkan tes baru, Dino juga mengungkap beberapa rencana pengembangan platform Karir.com untuk melangkah di tahun 2017 nanti. Salah satu yang paling ditunggu oleh Dino dan akan segera meluncur adalah layanan online interview. Fitur ini dihadirkan untuk memudahkan perusahaan dalam mewawancara para calon pegawainya tanpa harus repot memikirkan waktu.

Dino menjelaskan, “Tahun ini [akhir Desember 2016] kami juga akan menghadirkan online interview. Ini direkam. Pertanyaan akan tampil di layar ponsel dan pencari kerja tinggal menjawabnya. Begitu selesai, semua itu terekam, mimik mukanya bisa dilihat, dan orang HR bisa me-review itu kapanpun dia punya waktu. Orang yang di interview juga bisa melakukan interview kapanpun dia punya waktu.”

Kehadiran fitur ini, menurut Dino, bisa menjadi solusi untuk para pencari kerja yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Selain tidak perlu berhadapan dengan kemacetan, waktu untuk interview pun menjadi lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kesibukan masing-masing.

Fitur lainnya yang diungkap akan hadir oleh Dino adalah VMeet, Video Interview. Vitur ini sifatnya real time dan menurut Dino, fitur ini bisa menjadi solusi bagi perusahaan luar negeri yang ingin masuk ke pasar Indonesia untuk mencari talenta yang sesuai.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…