1. Lifestyle

Kaset Magnetik Penyimpanan Data Baru dari Sony Berkapasitas 3.700 Kali Blu-ray?

Kebutuhan penyimpanan data terbukti berbanding lurus dengan berkembang pesatnya teknologi informasi serta populasi manusia di bumi. Solusi penyimpanan data selalu menjadi salah satu fokus utama para perusahaan ternama. Kita sudah mendengar berbagai macam alternatif seperti SSD, cloud storage, hingga berbagai penyimpanan berbasis disc.

Sony mengajukan sebuah kombinasi ide lawas dengan teknologi fabrikasi baru untuk menjawab tantangan tersebut. Mereka mengenalkan sebuah kaset magnetik penyimpanan dengan kapasitas 3.700 kali milik disc Blu-ray. Itu artinya kaset tersebut memiliki performa kapasitas 74 kali teknologi kaset sebelumnya, mampu menyimpan hingga 185 terabyte data.

 

Info menarik: Trinity, Kincir Angin Portable Untuk Mengisi Ulang Baterai Perangkat Bergerak Anda

 

Sebentar, bukankah itu artinya penyimpanan berbasis kaset memang lebih besar dibandingkan disc dan cloud? Betul, kaset magnetik biasanya memang digunakan untuk menyimpan data berkapasitas besar yang hanya sesekali diakses - jarang digunakan oleh end-user, biasanya dimanfaatkan oleh enterprise.

Alasan mengapa ia tidak populer di khalayak umum adalah karena dibandingkan dengan penyimpanan berbasis disc (hard disk, Blu-ray, DVD) dan SSD, kaset magnetik memiliki kecepatan yang lambat.

Sistem penyimpanan sejenis ini memanfaatkan bubuk magnet untuk melapisi pita. Sebelumnya, jika produsen ingin memperbesar kapasitas kaset magnetik, mereka menggunakan teknologi untuk memperkecil partikel magnet sebagai medium penyimpanan. Masalahnya adalah proses tersebut sangat kompleks dan membutuhkan biaya tinggi. Sony tampaknya telah menemukan cara yang lebih efisien.

Pita kaset milik Sony memiliki lapisan magnet bawah yang lunak dengan permukaan yang lurus, dibuat dengan sebuah teknik bernama sputter deposition untuk menciptakan lapisan vakum super-tipis.

Penjelasan selanjutnya cukup rumit, sputter deposition melibatkan proses penyemprotan ion gas argon ke lapisan polymer agar membentuk partikel kristal dalam pola yang seragam, dengan ketebalan hanya lima micrometer.

 

Info menarik: Menggambar Bidang Tiga Dimensi ‘di Udara’ Dengan Sketchpad Gravity

 

Biasanya partikel kristal yang tidak seragam membatasi seberapa banyak data yang bisa disimpan di dalamnya, dengan kristal yang rapi, tingkat efisiensi terdongkrak naik.

Saat Sony menghitungnya kembali, kaset magnetik baru mereka ini memiliki tingkat kepadatan penyimpanan sebesar 148 gigabyte dalam satu-inci persegi. Itu artinya ia lebih besar 74 kali dibandingkan kaset magnetik standar, dan lima kali lebih besar dibanding kaset garapan FujiFilm dan IBM yang mereka perkenalkan di tahun 2010 - dengan total penyimpanan 35TB.

Selanjutnya Sony berencana untuk mempersiapkan kaset magnetik teknologi baru mereka untuk masuk ke proses produksi, sembari terus mengembangkan teknologi untuk membuatnya lebih efisien dan fokus untuk meningkatkan level kepadatan kristal magnet.

Hanya dengan memiliki satu kaset magnetik baru ini, bayangkan berapa banyak film HD yang bisa kita 'amankan' di dalamnya. Ditambah lagi, kaset magnetik ini memiliki persentase tingkat kerusakan data yang lebih kecil dibandingkan medium berbasis kepingan berputar.

Sumber: DailyMail.co.uk. Gambar header: Nerv.co.uk.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again