1. Startup

Kaskus Kejar Skalabilitas, Siap Tinggalkan VBulletin

Andrew Darwis, founder dan CTO Kaskus pagi ini menyatakan kesiapannya untuk meninggalkan engine VBulletin yang selama lebih dari 11 tahun telah memperkuat backend Kaskus. Vbulletin adalah sebuah engine forum yang cukup populer dan memperkuat puluhan ribu  forum yang ada di internet, termasuk Kaskus ketika pertama kali didirikan oleh Andrew dan beberapa rekannya ketika bersekolah di AS.

Andrew sendiri sejak beberapa waktu lalu sudah mulai mempromosikan #newkaskus melalui tweet-nya, mengindikasikan Kaskus versi terbaru dengan engine yang dibangun from-scratch. Skalabilitas sepertinya merupakan alasan utama mengapa tim Kaskus memutuskan untuk meninggalkan VBulletin, terlihat dari beberapa kali engine VBulletin mengalami kesulitan dalam menghandle gelombang traffic Kaskus yang luar biasa besar.

Mulai hari ini akses ke #newkaskus akan segera dibuka untuk kalangan terbatas (beta tester) dan belum ada indikasi jelas kapan #newkaskus akan bisa dibuka untuk semua pengguna Kaskus secara umum. Kita tunggu update selanjutnya dari tim Kaskus.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again