26 January 2015

by Yoga Wisesa

Kaskus Sajikan Fitur Baru di Tahun Baru

Awalnya diciptakan sebagai forum non-formal untuk pelajar Indonesia di luar negeri, Kaskus kini diakui sebagai komunitas online terbesar di Indonesia. Beberapa kali Kaskus sudah memperoleh makeover, terakhir di bulan Mei 2014. Dan evolusi Kaskus tidak berhenti. Masih dalam momentum tahun baru 2015, tim pengembang baru saja mengungkap kejutan buat Anda.

Sekitar pukul 10 pagi tadi, admin Kaskus membuat sebuah pengumuman bahwa mereka telah membubuhkan beragam fitur baru serta memperbarui sistem navigasi di Forum Kaskus dan FJB. Mayoritas transisi berkaitan pada penampilan, tapi tentu beberapa dibuat untuk memudahkan para 'Kaskuser'. Menurut mereka, modifikasi tersebut diambil berdasarkan umpan balik pengguna.

Alterasi terbesar terdapat pada Lapak. Kini layout Gallery telah menggantikan tampilan Thread dimana konten dan gambar FJB sekarang lebih terstruktur. Ini adalah layout tempat user berjualan di waktu ke depan. Dengan mengusung gaya ini, developer ingin mendorong pengguna untuk menjual satu produk dalam satu lapak, agar penempatan lebih rapi dan produk lebih gampang ditemukan calon pembeli.

Tidak ada perubahan pada Lapak yang dibuat sebelum tanggal 26 Januari 2015, mereka tetap disajikan via thread klasik, juga masih bisa di-edit dan di-reply. Buat saat ini, semua usergroup hanya diperkenankan mengunggah maksimal lima gambar di masing-masing Lapak.

 

Info menarik: Kaskus Rilis Tampilan Baru

 

Fitur unik lainnya ialah Quick Preview. Anda cuma tinggal letakkan kursor mouse di image dan Kaskus akan memberi tahu Anda info singkat di Lapak FJB soal nama penjual, harga, lokasi, dan tag tanpa perlu masuk ke sana. Seller Info menunjukkan data singkat mengenai penjual dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Lalu More From Seller menampilkan jualan lain miliknya.

Kemudian ada kemampuan cap Sold Out dan Got It, Similar Items untuk memperlihatkan produk-produk sejenis, Live Preview dimana Anda tidak lagi harus mengklik preview untuk mengakses tampilan pratinjau, tak lupa Recommended For You, serta Search Result.

Melalui Hot Thread Archives, Kaskuser dapat melihat kumpulan thread yang sedang (atau pernah) menjadi topik perbincangan panas. Tersedia halaman khusus berisi semua Hot Thread sepanjang sejarah Kaskus, dibantu filter pencarian termasuk tanggal dan keyword. Hot Thread Archives nantinya akan dilengkapi dengan thumbnail kotak, diambil otomatis dari dalam thread.

Di versi mobile app, tambahan fitur meliputi Lapak Style, stempel Sold Out dan Got It, Similar Items, HT Archives tanpa search box, Recommended For You, serta kemampuan upload gambar.

Sumber: Kaskus.co.id & Twitter Kaskus.