Kaskus Tampil Baru Untuk Seluruh Pengguna

Kaskus Tampil Baru Untuk Seluruh Pengguna

Kaskus Live Posting
Kaskus Live Posting

Sejak hari Minggu pukul 3 pagi kemarin, seluruh pengguna forum terbesar di Indonesia, Kaskus, menikmati tampilan baru Kaskus. Setelah mengalami pasang surut beberapa lama, tampilan baru ini akhirnya diluncurkan dan menjadi satu-satunya tampilan Kaskus yang digunakan.

Kaskus sudah pernah berpindah ke tampilan yang baru ini pada awal tahun 2012. Namun, karena berbagai hal termasuk protes pengguna, tampilan tersebut dibatalkan. Kaskus kemudian menguji tampilan baru tersebut dalam proses beta, dimana pengguna yang memiliki undangan bisa mencoba tampilan baru tersebut. Dari pengalaman pribadi menggunakan proses beta ini, tampaknya ada perbedaan basis data yang digunakan sehingga pada beberapa thread, posting terbaru dari pengguna tidak tampil jika menggunakan tampilan beta.

Sejak hari Sabtu, Kaskus masuk ke mode read-only dan dilanjutkan dengan update pada hari Minggu-nya. Seluruh thread aktif yang mempunyai posting terakhir setelah tanggal 1 September 2012, dipindah ke Kaskus baru ini. Sementara tampilan Kaskus lama, tetap bisa diakses dalam mode read only di halaman old.kaskus.co.id.

Gonjang-ganjing perubahan tampilan Kaskus ini, semoga saja telah menemui akhir, setelah peluncuran tampilan baru ini. Meskipun pada Selasa sore tadi, Kaskus sempat mengagendakan maintenance selama 30 menit. Andrew Darwis, CEO Kaskus dalam akun Twitter-nya mengatakan bahwa server Kaskus baru ini belum stabil. Kaskus masih perlu waktu untuk mengatur setting dan optimalisasi server ini.

Tampilan Baru Kaskus

Pengguna yang tidak melakukan login, akan mendapati halaman depan Kaskus yang mempunyai lebih sedikit isi daripada tampilan lama. Meskipun isinya lebih sedikit, tetapi tampilan halaman depan yang baru ini lebih ramai dengan banyaknya gambar dan warna-warni yang digunakan. Secara umum, tampilan halaman depan Kaskus baru mengarahkan pengguna ke dua bagian yang ada di Kaskus yakni forum dan Forum Jual Beli (FJB).

Sedangkan pengguna yang telah login, akan mendapati halaman depan berupa halaman Live Posting profil masing-masing. Halaman Live Posting ini akan berisi tentang thread atau posting terbaru dari teman akun profil tersebut atau penjual favorit yang diikuti. Secara tidak langsung, halaman Live Posting ini akan mendorong pengguna untuk melakukan pertemanan dengan lebih banyak orang di Kaskus agar halaman Live Postingnya tidak tampak kosong. Halaman Live Posting ini juga terisi dengan thread-thread yang diikuti oleh pengguna.

Dari halaman depan ini, pengguna dapat berpindah ke forum atau FJB melalui sidebar yang ada di atas halaman. Jika pengguna mengunjungi bagian forum, pengguna akan disuguhi daftar kategori forum yang ada di Kaskus termasuk dalam Kaskus Regional. Daftar hot thread juga disediakan dalam halaman forum ini.

Dalam halaman FJB, selain daftar kategori barang yang dijual, Kaskus juga menampilkan daftar hot review. Kaskus juga merencanakan untuk membuat sebuah marketplace untuk menjadi sarana jual beli bagi penggunanya selain lewat FJB biasa. Dalam hal ini, Kaskus mendorong pengguna untuk melengkapi data diri akunnya. Hanya pengguna dengan data diri yang lengkap yang akan bisa berjualan lewat Kaskus Marketplace.

Terus terang, jika ada yang merasa tidak nyaman dengan tampilan baru ini, saya termasuk yang ada di dalamnya. Tetapi, saya rasa ini hanya masalah kebiasaan saja. Seperti yang biasa terjadi pada Facebook, tampilan baru Kaskus ini bisa jadi akan mengundang protes dari sebagian penggunanya. Namun seiring berjalannya waktu, pengguna akan terbiasa dengan tampilan baru ini dan bahkan mungkin lebih suka tampilan ini daripada tampilan lama.

Sebagai catatan, jika Anda mengunjugi sebuah halaman dalam sebuah thread di Kaskus lama yang Anda simpan melalui bookmark atau Anda dapatkan lewat Google, akan akan diarahkan ke halaman depan thread tersebut. Jadi jika Anda mempunyai bookmark sebuah halaman sekian thread tertentu, tampaknya Anda harus memperbaiki bookmark tersebut.

Disclosure: DailySocial dan Kaskus berada di bawah induk perusahaan yang sama.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…