Categories

Review

Kateglo : Glosarium dan Tesaurus Online Yang Lama Dinanti

Rama Mamuaya - 4 June 2009

Sudah lama saya menantikan website seperti ini, sebuah website yang lengkap menampilkan informasi mengenai glosarium dan tesaurus bahasa Indonesia. Dan akhirnya website tersebut telah tiba, Kateglo namanya. Kateglo saat ini masih berada dalam tahap beta-testing, jadi hanya ada beberapa pengguna saja yang diijinkan untuk menginput data, namun data yang sudah ada tetap bisa dinikmati semua orang secara bebas tanpa mendaftar.

Kateglo ini berisi informasi-informasi berupa kamus, tesaurus, dan glosarium (daftar istilah) untuk kata-kata dalam bahasa Indonesia. Sampai saat posting ini ditulis sudah ada hampir 200.000 entri glosarium, lebih dari 80.000 tesaurus dan glosarium. Tak hanya sampai disitu, Kateglo juga menyimpan informasi mengenai peribahasa yang sampai saat ini memiliki koleksi sebanyak hampir 2000 buah peribahasa.

Informasi yang ditampilkan saat ini terbilang masih sedikit karena Kateglo masih mengandalkan beberapa pengguna untuk tahap beta-testing ini. Belum jelas juga kapan kira-kira Kateglo ini akan tampil dengan kekuatan penuh untuk menyajikan informasi yang sangat penting untuk orang Indonesia terutama yang berkaitan erat dengan linguistik seperti jurnalis, penulis, akademisi, bahkan blogger sekalipun.

Meskipun belum ada indikasi yang solid atau bukti yang jelas, saya memiliki firasat bahwa Kateglo ini nantinya akan menggunakan model User-Generated seperti Wikipedia. Tapi itu hanya tebakan saya saja.

Sampaikan komentar anda mengenai Kateglo di kolom komentar di bawah, atau bisa disampaikan langsung kepada tim Kateglo disini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter