Categories

Interview

Kazir Targetkan Solusi Kasir Online untuk UKM

Konsep yang mainstream tetap optimis memenangi pasar dengan keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan

Prayogo Ryza - 14 December 2015

Sudah banyak tersedianya aplikasi POS (Poin of Sales), baik yang open source maupun yang berbayar, tak membuat Kazir tak gentar menghadapi persaingan dengan solusi digitalisasi kasir yang mereka tawarkan. Aplikasi yang dikembangkan Andromedia Group optimis dengan menyasar market UKM dan usaha mikro lainnya yang merupakan early adopter teknologi.

Meski konsep yang diusung Kazir ini bisa disebut mainstream, tim Kazir tetap optimis dengan keunggulan yang mereka miliki mampu menjadi solusi utama bagi para UKM dan usaha mikro. Mereka mengklaim bahwa Kazir didesain sedemikian rupa agar mudah digunakan oleh early adopter teknologi. Selain itu dengan fitur yang lengkap dan setup yang cepat bisa memudahkan dan memanjakan penggunanya.

Zaenal Arifin, Co-Founder Kazir, kepada DailySocial menjelaskan mereka memang secara khusus menargetkan perusahaan mikro dan UKM seperti pedagang kaki lima, toko ritel kecil di pusat perdagangan, pedagang pasar, toko pinggir jalan, dan sejenisnya.

Menyediakan fitur sesuai kebutuhan

Secara default Kazir menawarkan versi gratis yang bisa digunakan di semua gawai ber-platform Andorid. Jika pengguna merasa terbantu dengan aplikasi Kazir, mereka telah menyiapkan layanan Kazir dengan integrasi ke layanan penyimpanan cloud dan memungkinkan pengguna menggunakan Kazir untuk lokasi toko atau bisnis di banyak tempat.

“Untuk versi cloud kami menyediakan jaminan akan kerahasiaan data dan keamanan. Dan secara berkala akan dilakukan backup data secara periodik,” terang Zaenal.

Memang bukan perkara mudah untuk memenangi persaingan di sektor bisnis mainstream. Banyak strategi yang harus di lakukan. Bagi Kazir, salah satu tantangan untuk mengembangkan bisnisnya justru ada pada mengedukasi pelanggan. Sebab dari segmen yang mereka incar yakni UKM dan bisnis mikro lainnya jelas masih banyak yang belum cakap menggunakan teknologi dan memandang sebagai sesuatu yang mahal.

“Tantangan terbesar saat ini adalah mengedukasi segmentuser kelas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang sebagian besar masih melihat IT adalah biaya dan susah dalam pengoperasian. Maka Kazir menjawab ini dengan solusi cepat, lengkap dan murah. Hanya dengan smartphone atau tablet, maka Kazir siap membantu bisnis mereka,” papar Zaenal.

Saat ini Kazir baru memiliki sekitar 50 pengguna aktif, namun mereka tetap optimis ke depan akan menjadi penyedia POS terbaik untuk kalangan UKM dan usaha mikro dengan berkelanjutan menambahkan fitur-fitur yang dibutuhkan penggunanya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id