Categories

Social Media

Cegah Pembobolan, Instagram Siapkan Fitur Keamanan Baru

Instagram mengonfirmasi sedang menguji fitur login dua tahap sebagaimana Twitter dan Facebook tawarkan

Bambang Winarso - 18 February 2016

Peretas adalah momok bagi semua orang yang beraktivitas di dunia maya, baik perusahaan maupun individu. Tak heran bila perusahaan-perusahaan besar penyedia layanan online menerapkan dua tahap verifikasi login untuk penggunanya yang menginginkan rasa aman. Twitter sudah sejak lama menggunakannya, Google juga tak ketinggalan, kemudian Evernote dan bahkan Facebook yang notabene adalah perusahaan Induk Instagram, tetapi tampaknya Instagram pun menunjukkan tanda-tanda menyusul keempatnya.

Dikatakan oleh orang-orang dari Techcrunch, bahwa fitur login dua tahap di Instagram sudah terlihat meskipun diyakini baru dalam tahap percobaan. Pihak Instagram sendiri ketika dikonfirmasi, mengamini kabar tersebut dan mengakui sedang melakukan ujicoba.

Seperti fitur login dua faktor lainnya, apabila diaktifkan, maka pengguna Instagram nantinya harus mendaftarkan nomor seluler mereka untuk kemudian diverifikasi. Setelah itu, setiap kali login ke akun, sistem akan mengirimkan kode ototentikasi ke nomor seluler tersebut yang wajib dimasukkan kembali ke dalam formlogin untuk dapat secara penuh mengakses akun.

Dengan adanya fitur login dua tahap ini, pengguna tak perlu khawatir pembobolan oleh peretas, sebab prosedur ini mewajibkan mereka mempunyai akses ke ponsel untuk mendapatkan kode ototentikasi. Meskipun email dan kata sandi berhasil mereka bobol, tanpa kode ini mustahil akun dapat disalah-gunakan.

Sekali lagi, fitur ini masih dalam tahap penggodokan. Instagram tentu tak ingin gegabah meluncurkan fitur yang belum matang dengan bug di sana-sini. Jadi, sampai ia dirasa siap 100%, kita hanya bisa menunggu perkembangannya.

Sumber berita Techcrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter