Categories

Tips

Kebocoran Data Harus Jadi Perhatian Sejak Awal

Meski tidak bisa langsung menerapkan strategi mahal, startup bisa menerapkan strategi sederhana seperti enkripsi dan mempekerjakan pihak ketiga

Prayogo Ryza - 27 October 2016

Teknologi dalam bisnis posisinya sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa terlepaskan. Terlebih untuk bisnis-bisnis yang menjadikan teknologi digital sebagai tulang punggung layanannya. Bisnis seperti itu selain menghadapi risiko bisnis secara umum seperti persaingan, kerugian, dan lain sebagainya juga menghadapi tantangan yang merupakan khas dari bisnis teknologi, kebocoran data.

Kebocoran data merupakan masalah penting yang harus dipikirkan oleh CEO dan manajer seluruh bisnis yang memanfaatkan teknologi digital. Hal ini penting, tidak hanya untuk mencegah jatuhnya informasi pribadi pelanggan ke tangan yang tidak bertanggung jawab, tetapi juga sebagai sebuah pertanggungjawaban atas kepercayaan pelanggan yang memberikan datanya. Tanpa menyampingkan data internal perusahaan atau bisnis, data pribadi pelanggan ini sifatnya lebih krusial karena tidak hanya berisiko secara bisnis tetapi juga secara pribadi. Apalagi data di beberapa perusahaan sudah diberlakukan sebagai aset.

Banyak CEO perusahaan yang sudah memikirkan hal ini. Sebagian besar menilai perlindungan data dari kebocoran ini menjadi hal penting untuk ditindak lanjuti. CEO Global Velocity Greg Sullivan beropini bahwa kebocoran data tidak terus-terusan mengancam perusahaan besar. terkadang bisnis kecil yang baru dirintis juga berpotensi untuk terkena kebocoran data.

Permasalahan sering kali muncul dari sikap abai para bisnis rintisan yang menganggap remeh tentang kebocoran data ini. Semua tahu bahwa tidak semua rintisan memiliki cukup dana untuk menyewa ahli keamanan atau sebuah perangkat keamanan untuk melindungi datanya, tetapi strategi antisipasi harusnya dimiliki oleh semua bisnis, baik bisnis mapan dengan modal atau perusahaan rintisan yang masih dalam tahap berjuang.

Solusi paling sederhana dan paling mungkin efektif adalah dengan melakukan enkripsi data. Ini memang tidak mencegah data diambil dan jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab, tapi enkripsi data setidaknya mencegah data terbaca dengan mudah. Usaha-usaha seperti ini yang sekiranya bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis.

Chief Security Officer Vaco Bryant Tow menyarankan hal yang pertama untuk mengantisipasi tragedi kebocoran data adalah dengan kepekaan. Bisnis harus tahu dan sadar mereka tengah mengalami serangan, termasuk harus tahu aset mana yang harus diamankan dan dilindungi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter