Categories

Interview

Kebutuhan Belanja Online Melonjak, Orami Perkuat Aplikasi dengan Beragam Fitur

Menobatkan diri sebagai parenting "super app" dengan tiga pilar bisnis: Commerce, Content, dan Community

Marsya Nabila - 21 January 2021

Platform parentingOrami memperkuat aplikasi supernya untuk mengakomodasi seluruh layanan yang dibutuhkan para orang tua di seluruh Indonesia, mulai dari belanja, komunitas, dan artikel informatif. Dalam versi terbaru, perusahaan memperkenalkan logo, tampilan aplikasi, dan beragam fitur baru di Orami Shopping.

Inisiatif tersebut diambil tak lain karena meningkatnya konsumsi belanja online semenjak pandemi. Orami menjadi salah satu platform e-commerce yang ikut menikmati lonjakan permintaan dan kunjungan ke situs dan aplikasinya. President Orami Hendrawan Kartika menjelaskan, Covid-19 ini tidak hanya mengubah kebiasaan konsumen, tapi juga brand karena semakin banyak brand ibu dan anak yang mengalihkan strategi sales dan marketing ke online.

“Pandemi ini juga membuka peluang Orami untuk meluncurkan fitur dan layanan-layanan baru seiring dengan semakin banyaknya orang tua yang membutuhkan support system secara daring untuk memenuhi kebutuhan anak, maupun mencari informasi parenting,” kata Hendrawan saat dihubungi DailySocial, kemarin (20/1).

Meski tidak menyertakan angka detail, Hendrawan menggambarkan saat pandemi terjadi peningkatan transaksi untuk kebutuhan anak dan bayi yang sifatnya pokok dan rutin, seperti popok dan susu. Selain itu, kategori lain seperti personal hygiene dan suplemen kesehatan juga mengalami peningkatan.

Di luar bisnis e-commerce, Orami juga perkuat konten dan aktivitas online agar para ibu bisa menghabiskan waktu dengan buah hatinya di rumah, serta terus memberdayakan diri melalui komunitas online (e-book seri edukasi parenting, kelas parenting, dan rumah tangga). “Kami percaya bahwa teknologi bisa sangat membantu memenuhi kebutuhan para orang tua di tengah pandemi ini.”

Rilis aplikasi versi terbaru

Secara terpisah, dalam keterangan resmi, Founder & CEO Orami Ferry Tenka menerangkan, perusahaan banyak melakukan banyak pembaruan di fitur Shopping. Selain tampilan yang lebih user-friendly, Orami Shopping menawarkan rekomendasi produk yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan dan usia anak.

“Tentunya katalog produk yang ada di Orami lebih lengkap dan terjamin kualitasnya karena sudah kami kurasi khusus untuk kebutuhan para parents. Kami harap update terbaru ini mampu memberikan pengalaman belanja yang lebih praktis dan aman untuk orang tua Indonesia,” kata dia.

Dijelaskan lebih jauh, Orami Shopping kini juga terintegrasi dengan fitur-fitur parenting lain yang ada di Orami, seperti artikel, ulasan produk, komunitas ibu, growth tracker, dan lainnya. Di samping itu, terdapat fitur Express Mart untuk pengguna yang ingin belanja online di toko-toko kebutuhan bayi terdekat dari lokasi dengan pilihan pengiriman same day.

Ferry juga mengungkapkan, kini terdapat Orami Points, sebuah program loyalitas terintegrasi yang memberikan beragam manfaat tambahan bagi konsumen seperti potongan harga, diskon berbagai tenant dan merchant, dan hadiah lainnya.

Hendrawan menambahkan, “Tahun ini kami berfokus untuk memperkuat posisi Orami sebagai parenting super app melalui tiga pilar bisnis kami, yakni Commerce, Content, dan Community dan menjadikan Orami sebagai ekosistem parenting terbesar di Indonesia. Kami juga akan terus menambah dan meningkatkan fitur di Orami Shopping, baik dari user experience sampai katalog produk dan pengiriman,” tutupnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id