Categories

Game

Kebutuhan Hardware PC Buat Menjalankan Final Fantasy XV Mungkin Tak Setinggi Dugaan Sebelumnya

Masih ada peluang bagi para pemilik PC 'tua' untuk dapat memainkan Final Fantasy XV.

Yoga Wisesa - 24 August 2017

Pengungkapan eksistensi dari versi PC Final Fantasy XV merupakan berita terbesar di Gamescom Cologne 2017. Meskipun harus menunggu lebih dari setahun, para gamer di Windows akhirnya bisa menikmati permainan role-playing kebanggaan Square Enix itu dengan grafis yang jauh lebih menawan dibanding versi Xbox One dan PlayStation 4-nya.

Namun isi dari pengumuman itu tak sepenuhnya menyenangkan. Square Enix memang belum mengonfirmasikan daftar kebutuhan hardware PC agar sistem Anda bisa menjalankan Final Fantasy XV: Windows Edition. Namun berdasarkan data dari video Gamescom, permainan ini menuntut sistem berperforma super-tinggi serta ruang penyimpanan hingga 170GB.

Kabar gembiranya, masih ada peluang bagi para pemilik PC ‘tua’ untuk dapat memainkan Final Fantasy XV. Tak lama setelah laporan tersebut beredar, game director Hajime Tabata segera mencoba meluruskannya. Kepada Kotaku, Tabata bilang bahwa informasi terkait daftar kebutuhan hardware dan besarnya tuntutan storage muncul karena adanya ‘kesalahan komunikasi’

Via bantuan penerjemah, sang game director menyampaikan kekeliruan mereka memberikan penjelasan. Komponen-komponen PC yang disebutkan di sana sebetulnya bukanlah daftar hardware rekomendasi, tetapi ialah komposisi sistem yang Square Enix gunakan untuk mendemonstrasikan Final Fantasy: Windows Edition. GeForce GTX 1080 memang diperlukan agar game bisa berjalan di resolusi 4K.

“Sekali lagi, daftar spesifikasi untuk versi retail-nya masih belum kami tentukan,” kata Tabata. “Besar kemungkinan ia akan berubah. Kejadiannya berawal dari kekeliruan seseorang menyampaikan info sehingga daftar itu dikira sebagai spesifikasi PC ‘rekomendasi’ buat menangani Final Fantasy. Jangan cemas, data di laporan tersebut bukanlah versi finalnya.”

Klarifikasi ini memang terdengar sangat melegakan, mengingat di Indonesia, harga kartu grafis GTX 1080 Ti mencapai belasan juta rupiah. Menurut penuturan Tabata, tingkatan hardware minimal yang diperlukan buat bermain Final Fantasy XV setara dengan versi console-nya. Artinya, ‘minimum requirements‘ Final Fantasy XV tidak akan terlalu tinggi. Square Enix juga bilang mereka tidak mengunci frame rate di level 30fps.

Final Fantasy XV sys-req

Tapi ada beberapa hal yang mengganjal. Satu contohnya adalah penyebutan penyimpanan 170GB. Andai list komponen memang dimaksudkan buat memperlihatkan spesifikasi PC, untuk apa developer menyebutkan besarnya ukuran game? Kalau tujuannya pamer, akan lebih masuk akal jika mereka mencantumkan tipe SSD-nya. Pertanyaan lain: mengapa ada kata ‘atau’ di antara opsi CPU Intel i7 3,4GHz dan Ryzen 7 i7? Semoga Square Enix memberikan keterangan lebih jelas di waktu dekat.

Final Fantasy XV: Windows Edition akan meluncur di PC awal tahun depan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter