Beam, layanan live streaming interaktif yang diakuisisi Microsoft pada bulan Agustus tahun lalu, baru-baru ini mengumumkan sederet fitur baru yang semakin mengedepankan aspek interaktif dan membuatnya terkesan unik jika dibandingkan platform serupa, sebut saja Twitch.

Fitur-fitur baru tersebut dikemas dalam platform anyar bernama Interactive 2.0, yang diklaim telah dirancang dari nol guna membuatnya semakin interaktif, baik untuk para streamer maupun penonton, menjadikan hubungan mereka lebih akrab sekaligus memberikan kesempatan untuk berpartisipasi lebih lagi kepada para penonton.

Berkat Interactive 2.0, para streamer dapat menambahkan tombol maupun elemen-elemen interaktif lain di atas video yang mereka siarkan. Hal ini tentu saja akan semakin menambah partisipasi dari penonton, dan sekarang para streamer juga bisa memantau siapa saja yang mengklik tombol-tombol tersebut.

Tampilan Beam Interactive Studio yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan elemen-elemen interaktif di atas video yang disiarkan / Microsoft
Tampilan Beam Interactive Studio yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan elemen-elemen interaktif di atas video yang disiarkan / Microsoft

Tidak kalah menarik adalah kemampuan untuk mengelompokkan para penonton sehingga masing-masing kelompok bisa memiliki kontrol yang berbeda, dan pada akhirnya mempunyai peran yang berbeda pula dalam sebuah sesi live streaming.

Tentu saja fitur-fitur ini nantinya juga bisa dinikmati di Xbox maupun Windows, mengingat Microsoft memang sudah punya rencana untuk mengintegrasikan Beam lewat Windows 10 Creators Update. Interactive 2.0 sendiri rencananya akan dirilis mulai bulan Maret ini dan akan terus disempurnakan secara berkala di sepanjang tahun 2017.

Sumber: Beam.