1. Startup

Kehadiran B.Blog Munculkan Persaingan Baru di Segmen Blog Network

Cyberbuzz yang terafiliasi dengan CyberAgent Jepang meluncurkan layanan blog network B.Blog di Indonesia. Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memperoleh kesempatan ini. Berikutnya Cyberbuzz berencana akan menggelar layanan serupa di Malaysia dan Filipina. B.Blog merupakan replikasi Ripre di Jepang (milik Cyberbuzz juga) sebagai layanan blog network yang memberi kesempatan blogger menghasilkan pendapatan berdasarkan blog post berkualitas untuk para pemasang iklan premium.

Sebagian dari kita mungkin tidak asing dengan layanan seperti ini. Di Indonesia sendiri sudah hadir idblognetwork yang sudah beberapa tahun memiliki model bisnis serupa. Berbeda dengan idblognetwork yang bermula sebagai startup, seperti dikutip dari Bisnis Indonesia, kehadiran Cyberbuzz di Indonesia dari awal sudah membawa modal awal $150.000 dan 100 pemasang iklan -- separuh di antaranya berasal dari Jepang. Cyberbuzz sendiri hadir di Indonesia bekerja sama dengan Corfina sebagai partner lokal.

Di Indonesia, Cyberbuzz menargetkan memperoleh 15 ribu blogger sebagai anggota sepanjang tahun 2014 ini dan pendapatan hingga $1 juta. Menurut CEO B.Blog Tetsuya Osafune yang dikutip dari IndoTelko, blogger di B.Blog akan dibagi menjadi dua kelas, yakni premium dan biasa. Blogger premium adalah mereka yang blognya dikunjungi 10.000 kali per bulan atau lebih.

Tidak diinformasikan seberapa besar pendapatan yang bisa diperoleh oleh seorang blogger untuk setiap tulisannya. Informasi lebih lanjut tentang cara pendaftaran B.Blog bisa dilihat di sini.

Kehadiran B.Blog dan idblognetwork sesungguhnya memberikan sinyal bahwa blog di Indonesia masih berpotensi memberikan tambahan pendapatan untuk pemiliknya, tidak hanya sekedar tempat menulis pandangan dan uneg-uneg. Meskipun popularitasnya semakin menurun karena serbuan berbagai media sosial, blog masih menjadi tempat berbagi cerita yang tidak cukup hanya diungkapkan dengan 140 karakter ataupun memuat berbagai tulisan dan gambar.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again