1. Startup

Kehadiran eBay di Indonesia dan Sinergi Bisnis Online Marketplace Blanja

Tantangan eBay menyetarakan sistem belanja dengan kultur lokal e-commerce yang telah terbangun

Situs jual beli online eBay sudah menyatakan resmi akan segera membuka kantor perwakilan di Indonesia. Diklarifikasi Senior Director Communications Ebay Asia Pasifik Daniel Feiler, rencana pendirian basis di Indonesia diawali dengan menemukan talenta terbaik untuk posisi Head of Cross Border, yang akan bertanggung jawab sebagai representatif dan pengembang pasar lokal untuk eBay.

Secara kasat mata kehadiran eBay di Indonesia tak jauh dari alasan potensi peminat e-commerce di Indonesia yang terus merangkak naik.  Bisnis e-commerce berkembang pesat di lanskap industri digital Tanah Air. Kendati dari sisi regulasi masih terus digodok, namun pemain besar ala Lazada, Tokopedia, Bukalapak hingga Blibli sudah mendapatkan antusias baik dari masyarakat.

Kiprah eBay di pangsa pasar lokal

Situs jual beli dan lelang online yang diluncurkan tahun 1995 ini memang sudah tak asing lagi untuk masyarakat global pengguna internet. Tak sedikit pengguna di Indonesia yang juga sudah menggunakan layanan eBay. Selain untuk menemukan berbagai produk "spesifik" dari berbagai negara, passion eBay sebagai situs lelang online juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pebelanja online.

Head-to-head dengan pemain lokal seperti Bukalapak dan Tokopedia, tantangan utama eBay adalah mensinergikan sistem belanja online yang ada dengan kultur lokal di Indonesia yang sudah terbentuk. Misi eBay di Indonesia ingin membawa produk lokal ke ranah global.

Satu hal yang perlu diperhatikan, di Indonesia komposisi pengguna layanan online masih didominasi oleh konsumen. Banyak pekerjaan rumah terkait dengan strategi untuk mengajak orang mau menjual.

Tokopedia dan OLX adalah pemain-pemain online marketplace yang bisa dibilang "mati-matian" menghimpun jumlah barang di basisdata penjualan yang dimiliki. Pengiklanan melalui media televisi pun juga sangat dimaksimalkan, menyasar masyarakat Indonesia yang mayoritas menggunakan televisi sebagai media informasi. Menjadi tantangan tersendiri bagai eBay dengan sistem dan aturan "baru" bagi pengguna di Indonesia untuk mengejar pemain yang sudah ada.

Kesempatan eBay berkembang dan nasib joint venture Blanja

Potensi e-commerce di Indonesia bisa dikatakan sudah disiasati lama oleh eBay. Kala itu bekerja sama dengan Telkom, eBay mendirikan sebuah perusahaan joint ventureBlanja. Memang, banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan Blanja untuk menyaingi pemain lain seperti Zalora atau Blibli. Bisa jadi ekspansi eBay menjadi salah satu strategi terbaik, terlebih nama eBay sudah memiliki "nilai jual" tinggi untuk pangsa internasional.

Terkait Blanja, Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo sebagai salah satu inisiator sudah memastikan bahwa eBay tetap berkomitmen mendukung pengembangan dan investasi. Terlebih juga dikatakan bahwa sampai Desember 2015 pertumbuhan Gross Market Value (GMV) dari Blanja cukup memuaskan. CEO Blanja.com Aulia E. Marinto turut menegaskan kehadiran kantor operasional eBay di Indonesia dinilai akan mampu membantu Blanja berkembang, terlebih dengan dukungan staf ahli yang makin banyak di sini.

Pengguna internet di Indonesia dari beberapa data terakhir masih di bawah 100 juta pengguna. Dan trennya masih terus bertumbuh. Artinya jumlah tersebut masih bisa terus membludak, karena belum ada 50 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang berkisar 250 juta jiwa. Jika mengambil persentase 10 persen dari pengguna internet di Indonesia saja sudah menjadi keuntungan fantastis dari jasa layanan online seperti eBay. Belum lagi potensi pengguna Internet yang masih dalam tahap edukasi.

Dengan kebijakan pemerintah yang akan membolehkan 100% kepemilikan asing di layanan marketplace besar, semua pemain internasional lain mungkin memiliki pemikiran yang sama.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again