24 January 2014

by wiku

Kehadiran Nokia 'Android' Normandy Semakin Nyata?

Penantian akan kehadiran perangkat Nokia berbasis Android masih belum menemukan kepastian. Kabar yang beredar masih seputar bocoran foto perangkat atau tampilan antar muka. Kini muncul lagi satu kabar yang semakin membuat penantian ini lebih seru.

Seperti yang dituliskan oleh blog Nokianesia, situs ini sempat menyimpan salinan permohonan sertifikat dari situs Postel dengan kode perangkat RM-980. Nomor seri ini disebut sebagai nomor untuk Nokia Normandy.

Meski keterangan atas perangkat ini kini telah tidak ada lagi di situs Ditjen Postel Indonesia, namun ini tentunya membawa 'harapan' baru bahwa Nokia Normandy memang akan dirilis dan akan masuk pasar Indonesia.

Di sisi lain, TeknoKompas mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya bahwa sumber ini telah melihat langsung perangkat Nokia Normandy. Dari pengamatan sumber ini terungkap bahwa ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 4.4 (KitKat) namun dengan modifikasi agar tampilan ini terlihat seperti tampilan antara muka yang ada di perangkat berbasis Windows Phone.

 

Info menarik: [idea@work] Penggunaan Instagram Dalam Digital Marketing

 

Informasi lain adalah beberapa keterangan spesifikasi yang sesuai dengan rumor yang beredar, seperti fasilitas Dual SIM, lalu ada pula slot kartu memori. Untuk toko aplikasi, disebutkan bahwa semua layanan Google termasuk Google Play Store dan Google Maps dihilangkan. Google Play Store digantikan Nokia Store dan Maps digantikan aplikasi peta Here.

Saya sendiri juga mendapatkan rumor bahwa perangkat yang akan dijual 'murah' ini pun telah diperlihatkan pada kalangan terbatas di wilayah Asia, yang menjadikan bahwa hadirnya Nokia Normandy yang menggunakan Android bisa jadi tinggal menunggu waktu.

Memang kita harus tetap menunggu strategi Nokia setelah perpindahan pemilik ke Microsoft selesai secara penuh, mungkin saja Microsoft punya rencana lain meski pengembangan Nokia Normandy telah berjalan.

Meski demikian, bulan Februari yang tinggal menunggu beberapa hari sudah akan hadir. Nokia Normandy sendiri dikabarkan akan diperkenalkan dalam acara Mobile World Congress yang digelar bulan Februari.

Jadi, mari kita ikuti rumor yang berada dengan tetap memegang 'azas ragu' sambil menunggu kepastian keterangan resmi dari Nokia.

Screenshot dari halaman situs Postel yang sempat diambil blog Nokianesia. 

 

Informasi lengkap tentang rumor Nokia 'Android' Normandy di TRL, bisa Trenogoers dapatkan lewat tautan ini.