Categories

Gadget

Kekhawatiran Pada Masalah Privasi Dorong User Windows 10 Beralih ke Mac?

Fakta menarik: semakin tua usia user, semakin kecil ketakutan mereka terhadap problem privasi.

Yoga Wisesa - 4 August 2016

Sudahkah Anda beralih ke Windows 10? Ternyata berakhirnya masa upgrade gratis tidak membuat pengguna buru-buru update ke OS baru Microsoft itu. Masing-masing orang mempunyai alasan kuat untuk tetap menggunakan Windows 7 ataupun 8.1, namun ada indikasi bahwa salah satu faktor penyebabnya adalah kecemasan terhadap privasi.

Masalah ini bahkan berpotensi mendorong user untuk tidak lagi memakai Windows. Dalam sebuah survei OnePoll yang dilakukan oleh Comparitech, hampir dua pertiga responden cenderung tidak keberatan pindah ke Mac karena sejumlah hal yang dilakukan plaform anyar Microsoft. Hasil pemungutan suara disingkap tak lama setelah pemerintah Perancis meminta sang raksasa asal Redmond memperbaiki celah keamanan di Windows 10.

Angket diberikan pada 1.000 orang peserta, 500 berasal dari Inggris dan sisanya dari Amerika Serikat. Pertanyaannya adalah: "Jika praktek pengumpulan data pengguna Windows 10 mulai menyebabkan munculnya rasa khawatir, berkenankah Anda pindah dari Windows ke Mac?"

Meskipun 35,8 persen partisipan menjawab mereka tidak mau mengungsi ke sistem operasi ciptaan Apple itu, separuh dari mereka (50,1 persen, tepatnya 501 individu) menyatakan akan mempertimbangkan gagasan tersebut, sedangkan 14,1 persen lainnya tidak ragu-ragu buat beralih ke Mac OS. Melihat secara lebih rinci lagi, peserta polling Inggris lebih antusias untuk pindah ke Mac dibanding Amerika dengan perbandingan 'pasti' 15,2 versus 13 persen, dan 'mungkin' 51,8 versus 48,4 persen.

Respons dari peserta juga didasari faktor umur. 71,4 persen dari pengguna berusia 18 sampai 24 tahun menyatakan mereka siap hijrah ke Mac, lalu 34-44 tahun merupakan rentang umur konsumen yang paling sedikit menunjukkan loyalitas pada Windows. Fakta menarik lainnya ialah: semakin tua usia user, khususnya 55 tahun ke atas, semakin kecil ketakutan mereka terhadap problem privasi. Hanya ada 9,3 persen yang betul-betul ingin beralih ke Mac.

Komisi Keamanan Data Nasional Perancis (CNIL) sendiri menjabarkan tiga 'kasus' keamanan di Windows 10. Pertama, Windows Store mengumpulkan data mengenai app unduhan user dan waktu yang mereka habiskan buat menggunakannya tanpa izin. Kedua, OS memasang advertising identifier secara default, memungkinkan Microsoft mengawasi kegiatan browsing dan menargetkan pengguna dengan iklan. Terakhir adalah sistem otentikasi empat digit angka di mana Microsoft tidak membatasi percobaan input-nya jika salah. Sejak peringatan diturunkan oleh CNIL di akhir Juli, Microsoft diberi waktu tiga bulan untuk membereskan masalah-masalah tersebut.

Walaupun besar kemungkinan respons akan lebih bervariasi jika survei dilakukan di negara-negara lain, hasil angket menunjukkan bahwa banyak pengguna telah memahami persoalan privasi di Windows 10.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter