MSME Tutorial

11 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Tokko, Worth It Gak Sih?

Tertarik pakai aplikasi Tokko? Lihat dulu kelebihan dan kekurangan aplikasi tokko di sini.

Tokko adalah salah satu platform pembuatan toko online gratis yang banyak digunakan oleh pegiat UMKM. Seperti platform pembuatan toko online lainnya, tentunya ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki aplikasi Tokko. Tapi, apakah kelebihan dan kekurangan ini membuat Tokko worth it untuk diunduh dan digunakan?

Kelebihan Aplikasi Tokko

Keinginan untuk memiliki web onlineshop sendiri namun tidak memiliki budget untuk membuatnya menjadi alasan para pegiat UMKM akhirnya memutuskan untuk menggunakan aplikasi Tokko.

Selain Tokko, sebenarnya terdapat banyak pilihan wadah pembuatan toko online lain. Namun, mengapa mereka memilih Tokko? Kelebihan-kelebihan aplikasi Tokko ini mungkin menjadi alasannya.

Pendaftaran Mudah dan Gratis

Untuk membuat toko online dengan Tokko, caranya sangat mudah. Anda hanya diharuskan mendaftar menggunakan nomor HP aktif. Setelah itu, toko online Anda berhasil dibuat. Apabila Anda ingin tahu cara lengkap mendaftar Tokko, Anda bisa melihatnya di sini.

 

 

Selain mudah, Tokko juga tidak memungut biaya apapun untuk pembuatan toko online. Selama Anda tidak berlangganan paket Tokko Plus, Anda bisa mengelola toko online Anda di Tokko 100% gratis.

Mudah Digunakan

Tidak hanya saat mendaftar, aplikasi Tokko juga sangat mudah digunakan. Terlebih lagi Tokko adalah platform pembuatan toko online yang berbasis aplikasi. Berbeda dengan kompetitornya yang sebagian besar berbasis web. Banyak orang merasa lebih mudah untuk mengelola aplikasi dibanding web.

Tampilan User Interface aplikasi Tokko juga sederhana dan mudah dimengerti oleh penggunanya. Jadi, pengguna tidak akan kesulitan dan akan cepat memahami alur penggunaan aplikasi Tokko. Apabila kesulitan sekalipun, pengguna dapat melihat tutorial yang telah disiapkan di YouTube Channel Tokko Indonesia.

Bisa Diakses via Mobile dan PC

Meski pada dasarnya Tokko adalah app-based, namun Anda juga bisa mengakses Tokko dalam bentuk web. Anda dapat mengunjungi web.tokko.io lalu login menggunakan nomor HP yang telah terdaftar. Setelah itu, Anda bisa mengelola toko online Anda melalui web Tokko.

 

 

Bisa Buat Pesanan Sendiri untuk Pelanggan

Ini merupakan salah satu kelebihan Tokko dibandingkan dengan platform pembuatan toko online lainnya. Umumnya, pada toko online lain Anda tidak bisa membuat pesanan sendiri, hanya pelanggan yang bisa membuat pesanan pada toko online Anda. Namun, hal ini tidak berlaku pada Tokko.

Anda bisa membuat pesanan sendiri di Tokko untuk pelanggan Anda. Sehingga, jika ada yang melakukan pemesanan melalui WhatsApp, Anda tidak perlu repot-repot meminta pelanggan melakukan checkout di Tokko karena Anda bisa membuatnya secara manual di aplikasi Tokko.

Buat Pesanan Semudah Copy-Paste

Kelebihan selanjutnya masih berhubungan dengan kelebihan sebelumnya. Jika ada yang memesan lewat WhatsApp, Anda tidak perlu repot menginput keterangan pesanan satu per satu. Anda hanya perlu menyalin template pesanan dan menempelnya pada aplikasi Tokko. Lalu, pesanan akan secara otomatis terinput.

 

 

Terintegrasi dengan Shopee

Punya toko di Shopee? Hubungkan aja ke Tokko! Anda cukup login ke akun Shopee Anda melalui aplikasi Tokko. Setelah itu, Tokko akan langsung terintegrasi ke akun Shopee Anda. Anda juga dapat mengimpor produk-produk dari toko Shopee Anda ke Tokko sehingga tidak perlu repot-repot menyalin produk satu per satu dari Shopee ke Tokko.

Banyak Pilihan Pembayaran dan Pengiriman

Jangan takut pelanggan mengeluh karena pembayaran susah dan pilihan pengiriman sedikit karena Tokko menyediakan banyak pilihan untuk keduanya.

Tokko menyediakan beragam metode pembayaran mulai dari virtual account hingga COD. Tidak hanya itu, untuk pengiriman Tokko juga telah bekerja sama dengan banyak jasa kirim yang disebut dengan Kurir Partner Tokko.

 

 

Selain Kurir Partner Tokko, Tokko juga menyediakan pilihan pengiriman menggunakan kurir Anda sendiri atau pelanggan yang mengambil barangnya sendiri.

Promosi Pakai Poster Media Sosial

Mau promosi toko online ke media sosial tapi bingung soal desain? Jangan khawatir. Tokko juga menyediakan alat promosi berupa poster yang bisa langsung Anda posting ke media sosial Anda seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Pilihan desainnya pun beragam. Anda bisa memilih desain yang Anda suka.

Kekurangan Aplikasi Tokko

Setelah melihat berbagai kelebihan aplikasi Tokko, kini saatnya membahas kekurangan dari aplikasi tersebut. Tanpa berbasa-basi lagi, mari langsung lihat beberapa kekurangan yang dimiliki aplikasi Tokko.

Tidak Bisa Custom Domain

Ketika memiliki toko online sendiri, tentu Anda ingin domain toko tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Sayangnya, Tokko saat ini belum memiliki fitur ini. Sehingga, domain toko online Anda akan ditentukan secara otomatis oleh sistem.

Namun, kabarnya Tokko akan meluncurkan fitur ini dan nantinya akan bisa digunakan oleh pengguna Tokko yang telah berlanggan Tokko Plus. 

Beriklan Harus Berlangganan Tokko Plus

Jika Anda pengguna Tokko versi gratis, Anda tidak bisa beriklan melalui Instagram Ads atau Facebook Ads. Anda hanya bisa melakukan integrasi dengan Instagram Ads, Facebook Ads, Google Ads, dan Google My Business jika Anda telah berlangganan Tokko Plus. Untuk cara berlangganan Tokko Plus, Anda dapat melihat selengkapnya melalui video dari Tokko Indonesia di bawah ini.

Video Cara Berlangganan Tokko Plus

https://www.youtube.com/watch?v=aZ5IqKq8Xx8&list=PLoNCgwRaUDvnHK9WJOOu_0U8VJ10FF0i6&index=21

Tidak Ada Fitur Laporan Keuangan 

Kekurangan aplikasi Tokko selanjutnya adalah tidak adanya fitur laporan keuangan. Sehingga, Anda harus menggunakan aplikasi lain atau membuat sendiri untuk melihat laporan keuangan usaha.

Nah, itu dia rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi Tokko. Meski terdapat beberapa kekurangan, namun Tokko memiliki banyak kelebihan yang akan membantu penggunanya dalam membuat dan mengelola toko online-nya. Sehingga, aplikasi ini worth it untuk diunduh dan digunakan. Bagaimana? Tertarik untuk membuat toko online dengan Tokko?

Jika masih ragu untuk menggunakan Tokko, Anda juga bisa melihat platform pembuatan toko online lain seperti GoStore dan Lakuuu. Tetap semangat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter