Categories

Gadget

Kemampuan Fotografi dan Videografi OPPO Reno4 di Mata Kreator Konten

Demonstrasi langsung dari Daniel Schiffer dan Mango Street

Glenn Kaonang - 2 August 2020

Sejak generasi pertamanya, seri OPPO Reno selalu mengedepankan fitur fotografi dan videografi. Prinsip yang sama terus OPPO pertahankan sampai Reno4. Meski spesifikasi lengkap versi yang akan dijual di Indonesia belum diumumkan, OPPO tidak segan memamerkan beberapa keunggulannya perihal foto dan video.

Seperti yang kita tahu, spesifikasi dan angka-angka tidak akan bisa menggambarkan secara penuh kapabilitas fotografi dan videografi suatu perangkat. Fitur-fitur pendukung berbasis artificial intelligence juga tidak kalah penting di era computational photography seperti sekarang, dan tentu saja yang paling krusial adalah hasil akhirnya.

Pada Reno4, salah satu fitur kamera unggulannya adalah AI Color Portrait Mode. Kalau pada Portrait Mode biasa subjek foto akan diisolasi dan latar belakangnya dibuat blur, di sini warna background juga akan dibuat monokrom, sehingga subjek bisa kelihatan lebih menonjol lagi pada hasil akhir fotonya.

Yang amat istimewa adalah bagaimana fitur ini juga dapat kita terapkan selama pengambilan video. Hasil akhirnya bisa Anda nilai sendiri dari video Daniel Schiffer di bawah ini, yang di YouTube cukup dikenal akan koleksi video B-roll sinematiknya.

Seperti yang Daniel jelaskan, memisahkan warna subjek dan background seperti ini sebenarnya bisa saja dilakukan dalam tahap penyuntingan video, akan tetapi prosesnya tidak mudah dan memakan waktu. Reno4 dan AI Color Portrait Mode di sisi lain menawarkan proses yang instan, dan itu sejalan dengan konsep praktis yang ditawarkan kamera smartphone.

Daniel tidak lupa menyinggung soal kemampuan Reno4 merekam video slow motion 960 fps. Awalnya dia ragu hasilnya bisa bagus, apalagi mengingat resolusinya terbatas di 720p saja kalau ingin mengaktifkan mode ini. Namun ternyata, hasilnya tetap sangat usable untuk menyisipkan momen-momen dramatis. Bahkan di saat matahari mulai terbenam pun, hasilnya tetap terlihat cukup jernih dan tidak langsung banjir noise.

Fitur Ultra Steady Video 3.0 juga terbukti efektif meredam guncangan selama video direkam. Dalam beberapa kesempatan, Daniel bahkan sempat merekam sembari berjalan mundur, akan tetapi videonya tetap terlihat mulus meski ia sama sekali tidak menggunakan gimbal.

Masih seputar video, Reno4 juga hadir membawa fitur Monochrome Video. Jadi ketimbang memisahkan warna subjek dan background, fungsi fitur ini adalah untuk menyoroti warna-warna tertentu saja. Jadi misalnya pengguna ingin menonjolkan warna merah, maka semua warna lain yang ada di dalam frame akan dijadikan hitam-putih. Selain di video Daniel Schiffer tadi, demonstrasinya juga bisa kita lihat pada video Mango Street di bawah.

Mango Street sendiri lumayan naik popularitasnya salah satunya karena mereka membuat sejumlah tips fotografi selama masa WFH. Maka dari itu, mereka tidak lupa mendemonstrasikan salah satu fitur fotografi paling mutakhir milik Reno4, yakni Night Flare Portrait.

Anggap saja fitur ini sebagai Portrait Mode khusus malam hari, sebab seperti yang bisa kita lihat pada video di atas, foto-foto yang diambil ketika matahari mulai terbenam kelihatan menawan berkat efek bokeh yang sangat memuaskan, terutama pada bagian-bagian kelap-kelip lampunya.

Kalau dulu smartphone kesulitan mengambil foto yang terang dan jernih di malam hari, sekarang Reno4 malah bisa menghasilkan foto portrait yang tajam dan memukau meski kondisi pencahayaan di sekitar subjek sudah masuk kategori minimal. Semua ini sudah terdengar mengesankan, padahal kita belum tahu persis spesifikasi dan fitur lengkap Reno4 seperti apa.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter