Categories

Opini

Kemanakah Facebook Akan Melangkah?

Wiku Baskoro - 9 February 2010

Setelah pengumuman redesign homepage Facebook kemaren serta beberapa perkembangan fitur yang mereka luncurkan, sebuah pertanyaan masih menggantung dipikiran saya. Akan kemana perjalanan Facebook selanjutnya?

Setidaknya ada dua kabar yang membuat saya kemudian berpikir tentang perkembangan Facebook ini, yang pertama adalah berita tentang layanan webmail dari Facebook dan sistem search yang baru.

Seperti yang ditulis oleh TechCrunch, menurut sumber yang mereka dapatkan bahwa Facebook tengah mengembangkan dan akan meluncurkan sistem webmail sendiri, jadi nantinya para pengguna Facebook akan diberikan fasilitas email tersendiri.

Berita ini memang masih harus menunggu untuk melihat kadar kebenarannya, tapi kita misalkan saja bahwa, sumber yang didapat oleh TechCrunch ini benar, maka apa sebenarnya yang dicari oleh Facebook dengan fasilitas ini.

Saya sendiri jadi teringat dengan fitur reply lewat email yang sudah diluncurkan oleh Facebook beberapa waktu yang lalu, apakah fitur reply lewat email ini adalah persiapan untuk layanan email ala Facebook? Kita berandai-andai saja bahwa premis ini benar, maka nantinya para pengguna Facebook akan bisa membalas update yang ada di akun mereka langsung dari email yang juga disediakan Facebook, login serta berbagai fitur juga akan menggunakan email khusus yang disediakan oleh Facebook, maka pengguna Facebook tidak akan meninggalkan situs ini untuk waktu yang lama. Bersosialisasi bisa, mengecek email bisa, berkirim file bisa, bahkan berjualan serta mendengarkan streaming dan bermain game pun bisa.

Masuk akal? Sebelum berkomentar mari kita lihat perkembangan lain yang dilakukan Facebook, yaitu fitur yang berhubungan dengan search. Seperti yang diberitakan DailySocial kemarin, bahwa redesign dari Facebook memberikan ruang yang sangat lebar bagi kolom pencarian. Kini kolom pencarian menjadi 2 kali jauh lebih besar dari kolom pencarian di desain Facebook yang terdahulu.

Dan salah satu indikasi perkembangan tentang bagaimana fungsi search ini, bisa kita liat dari tulisan di AllFacebook yang menjelaskan bahwa kemungkinan besar Facebook bekerjasama dengan Bing untuk menghasilkan pencarian yang lebih baik. Termasuk memberikan hasil pencarian yang lebih lengkap dan lebih membantu dengan memberikan informasi yang lebih baik.

Jika anda mencoba fasilitas search yang ada di situs Facebook sekarang, maka Facebook tidak hanya menampilkan hasil pencarian yang berhubungan dengan konten di Facebook saja tetapi juga menyertakan hasil pencarian dari web. Nah, dengan kerjasasama ini mungkin saja Facebook akan membawa mesin social networking-nya ini ke tahap yang lebih luas, dengan kata lain menjadi sebuah 'real social search engine' seperti yang ditulis AllFacebook.

Saya, kemudian teringat kembali akan salah satu tulisan di Navinot yang membahas apakah Google layak khawatir dengan pergerakan Facebook. Pada tulisan itu juga saya berkomentar, bahwa, Google tidak perlu khawatir dengan Facebook selama fitur marketplace serta sistem payment ala Facebook belum benar-benar roll out.

Tapi dengan redesign kemaren serta beberapa rumor tentang fasilitas email ala Facebook, saya kini mencoba berpikir ulang, bahwa Google memang harus berancang-ancang untuk menghadapi Facebook yang beberapa hari yang lalu baru berulang tahun yang keenam dan minggu ini diprediksikan akan mempunyai sekitar 400 million user.

Meski begitu, beberapa ahli atau blog teknologi juga ada yang memberikan pendapat bahwa mereka menyangsikan fitur email (jika benar roll out), seperti The Next Web yang berpendapat bahwa seharusnya Facebook berkonsentrasi pada core fitur mereka yaitu social networking bukan mengembangkan fitur seperti email yang memang akan menjadi barang baru bagi Facebook.

Dunia internet memang membutuhkan gerak konstan yang terus menerus alias sustainable, bagi giant seperti Google yang punya sumber daya yang besar, memang inovasi terbaru pasti akan terus berdatangan, dan bagi Facebook yang memang  terus bertumbuh dan terus bergerak leluasa memberikan peluang untuk mencapai ambisi yang besar.

Masih terlalu dini untuk menyimpulkan, beberapa fitur juga memang belum rool out kecuali redesign, sambil menunggu perkembangan selanjutnya, bagaimana pendapat anda, apakah prediksi anda untuk social networking terbesar ini, apakah akan menjadi besar juga seperti Google? Apakah Facebook memang memerlukan untuk mengembangkan layanan email mereka sendiri? Atau anda punya pendapat lain, jangan lupa untuk share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter