1. Startup

Kemenkominfo: Akhir Tahun ini, Seluruh Wilayah Indonesia Terkoneksi Internet

Ashwin Sasongko, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), mengatakan bahwa pada akhir tahun ini, setiap kecamatan di Indonesia akan terhubung dengan internet. Hal ini, beliau katakan seusai meresmikan Indonesia ICT Award (INAICTA) 2012 di Jakarta, Selasa kemarin.

Sebagaimana dikutip oleh Antaranews, pada akhir tahun ini 100 % dari seluruh 5.748 titik di ibukota kecamatan di Indonesia akan terhubung dengan internet melalui program Penyediaan Layanan Internet Kecamatan (PLIK). PLIK merupakan program dari Kemenkominfo yang diluncurkan pada awal 2010 dengan harapan dapat menghapus kesenjangan komunikasi antarmasyarakat di Indonesia yang memang terkendala oleh luas dan kontur wilayah Indonesia yang terdiri lebih dari 17000 pulau.

PLIK berbentuk semacam warnet dengan 5 PC yang menggunakan teknologi VSAT (Very Small Aperture Terminal) untuk terkoneksi dengan internet. PLIK disediakan di ibukota kecamatan dengan ditempatkan pada semacam rumah atau koperasi.

Pada pelaksanaan program ini, pemerintah memperkenalkan adanya Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK). MPLIK adalah PLIK yang berbentuk sebuah minibus. Selain terdapat 6 netbook, pada MPLIK juga disediakan akses hotspot, televisi LCD 32 inchi, DVD player, dan genset sebagai pembangkit listriknya.

Penelusuran DailySocial, mendapatkan berita bahwa pada akhir Maret lalu, MPLIK ini telah sampai di wilayah paling timur Republik Indonesia, yakni Merauke. Situs resmi pemerintah daerah Kabupaten Merauke mengungkapkan bahwa telah ada 5 unit MPLIK yang telah hadir di Merauke. Namun, MPLIK ini akan dioperasikan di distrik di Merauke yang terjangkau oleh jalur darat dengan kondisi jalan yang baik.

Tantangan yang dihadapi Kemenkominfo adalah bahwa di beberapa daerah di Indonesia infrastruktur standar seperti jalan yang layak saja terkadang tidak ditemui. Daerah seperti ini tidak hanya ada di ujung Indonesia, tetapi bahkan juga ada di pulau Jawa seperti daerah Banten. Untuk daerah-daerah seperti ini, yakin Kemenkominfo mampu menghadirkan internet pada akhir tahun ini?

Sumber foto : Ashwin Sasongko dan MPLIK.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again