Categories

Internet

Kemudahan Digital Banking untuk Bertransaksi Selama Work From Home

Transaksi aman, cepat, dan mudah dengan digital banking saat sedang #DiRumahAja

Ilham Sanjaya - 27 April 2020

Masa pandemi yang mengharuskan kita lebih berdiam diri di rumah membuatĀ  banyak kegiatan kita dibatasi, salah satunya adalah kegiatan transaksi keuangan secara langsung. Berbagai kegiatan transaksi seperti jual beli barang, pembayaran tagihan, dan sebagainya harus dapat dialihkan dari pembayaran langsung menjadi cashless dan online untuk mencegah kita dari penularan virus COVID-19.

Salah satu cara untuk tetap bertransaksi dengan aman pada masa pandemi ini adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur dan fasilitas yang dimiliki oleh digital banking. Dengan layanan digital banking, kita tidak perlu melakukan kontak fisik secara langsung tetapi tetap dapat melakukan berbagai kegiatan transaksi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Berikut kami hadirkan berbagai keunggulan digital banking yang dapat dimanfaatkan selama harus #DiRumahAja.

Pendaftaran Langsung dari Smartphone

Selama masa pandemi ini, banyak cabang bank yang terpaksa mengurangi jam pelayanan sehingga menyulitkan kita untuk melakukan pendaftaran rekening baru. Akan tetapi, hal ini tidak lagi menjadi kekhawatiran bila kita ingin menggunakan digital banking. Sebab, kita cukup melakukan pendaftaran secara online dengan menggunakan smartphone, tanpa harus mengisi formulir secara langsung.

Anda juga akan mendapatkan kemudahan untuk bertanya atau saat mengalami kesulitan dalam pendaftaran dengan bertanya kepada virtual assistant yang dapat menggantikan peran teller atau customer service bank sehingga Anda tidak lagi perlu mengunjungi kantor cabang terdekat bila memiliki masalah saat bertransaksi atau melakukan pendaftaran.

Transaksi Cepat dan Cashless

Meski kegiatan sehari-hari kita terbatas, kegiatan seperti membeli kebutuhan hidup tetap harus dilakukan dengan aman. Fitur keamanan yang terjamin dengan kode OTP atau pin untuk transaksi juga bisa menjadi salah satu alasan kita mulai menggunakan produk digital banking selama masa pandemi ini. Dengan menggunakan digital banking, proses top-up untuk e-wallet dan e-money yang kita miliki dapat dilakukan dengan lebih cepat dan aman. Sehingga kita dapat membeli kebutuhan seperti lauk dan bahan makanan secara online.

Selain itu, transaksi lain seperti membayar tagihan listrik, membeli voucher game, hingga membeli barang-barang yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan work from home melalui e-commerce dapat dilakukan dengan mudah dalam satu aplikasi. Aktivasi kartu kredit digital banking juga dapat dilakukan secara langsung sehingga Anda dapat melakukan pembuatan kartu kredit di mana pun dan kapan pun. Fitur-fitur digital banking dapat membantu Anda untuk melakukan berbagai transaksi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari hanya melalui smartphone, mulai dari berinvestasi, melacak pengeluaran, hingga transfer ke luar negeri secara gratis langsung dari rumah aja.

Investasi dan Lacak Pengeluaran Melalui Aplikasi

Salah satu fitur digital banking yang harus dimanfaatkan selama WFH ini adalah fitur spending tracker. Fitur ini membuat kita dapat melacak dan mengkategorikan pengeluaran kita sehingga kita dapat lebih baik dalam menyusun pengeluaran yang dibutuhkan. Fitur ini juga bermanfaat untuk Anda yang memiliki kecenderungan untuk melakukan panic buying dan membeli barang yang tidak perlu selama masa pandemi, agar pemasukan Anda yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk ditabung atau diinvestasikan.

Anda juga bisa melakukan investasi seperti pembelian deposito dan obligasi secara langsung dari smartphone tanpa harus ke teller bila menggunakan fitur yang dimiliki oleh digital banking sehingga selama masa pandemi ini Anda juga bisa menginvestasikan pemasukan untuk kebutuhan di masa depan setelah situasi mulai membaik.

Kebutuhan hidup yang mengharuskan kita untuk melakukan transaksi saat diharuskan melakukan physcial distancing seperti ini membuat fitur-fitur digital banking tersebut setidaknya membantu kita untuk meminimalisir kemungkinan adanya penularan virus COVID-19 saat melakukan transaksi perbankan. Salah satu produk digital banking yang memiliki fitur-fitur tersebut adalah aplikasi digibank by DBS. Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, kita bisa dapat lebih mudah, aman, dan nyaman dalam bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama work from home ini.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh digibank by DBS

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter