Categories

Game

Kepopularitasan Crowdfunding Game di Kickstarter Anjlok Karena Steam Early Access?

Yoga Wisesa - 4 October 2014

Ada suatu masa dimana Kickstarter menjadi platform penggalangan dana video game terbesar. Berkatnya, berbagai judul dapat terealisasikan: Mighty No. 9, Pillars of Eternity, hingga Star Citizen yang baru-baru ini mengumpulkan US$ 54 juta lebih. Tapi masa kejayaan Kickstarter mungkin sudah lewat, dan bisa jadi salah satu penyebabnya ialah fitur Early Access di Steam.

Berdasarkan hasil analisa Ico Partners, total pengumpulan dana proyek video game di Kickstarter turun kurang dari setengah jumlah tahun lalu. Di 2013, uang senilai US$ 58 juta berhasil dihimpun para developer. Namun hingga pertengahan tahun ini, mereka baru mengakumulasi US$ 13,5 juta. Diperkirakan pada saat 2014 berakhir, dana untuk membuat permainan hanya menyentuh US$ 27 juta.

Bagaimana dengan jumlah keberhasilan program kampanye? Di tahun 2014 terhitung ada 175 proyek berhasil didanai, dan ada kemungkinan angka itu mencapai 350 judul game. Cukup banyak bukan? Memang, tapi di 2013 sendiri terdapat 446 kampanye permainan di Kickstarter yang mencapai target.

 

Info menarik: Game Pale Blue dari Tinker Games Berhasil Kumpulkan Dana Lewat Layanan Crowdfunding Kickstarter

 

"Orang-orang tak lagi terkesan oleh model bisnis ini. Mereka telah menyaksikan beberapa proyek gagal (seperti Clang, Yogscast), dan khalayak semakin skeptis untuk menghamburkan uang begitu saja," tulis Thomas Bidaux dari Ico Partners. "Namun saya juga berpendapat bahwa crowdfunding telah mencapai titik kedewasaan." Ia sadar, tak semua proyek akan berakhir dengan baik, bahkan banyak yang tidak akan selesai.

Menurut Bidaux, salah satu faktor terbesar anjloknya kampanye permainan di Kickstarter disebabkan oleh Steam Early Access. Mayoritas game crowdfunding di Kickstarter ditujukan pertama kali untuk PC karena target konsumen lebih luas dibanding platform lain. Tapi ternyata, Steam Early Access hadir jauh lebih mudah dan sederhana. Kemudian penggalangan dana juga tak memiliki batas waktu, serta tidak berhenti setelah satu bulan.

Buktinya saja, kini ada banyak judul Early Access yang sukses melewati proses crowdfunding dan sudah dapat Anda nikmati dalam versi alpha. Steam Early Access adalah kesempatan emas bagi pembuat game, karena sebenarnya tidak ada jumlah uang yang harus terpenuhi dan developer bisa langsung menawarkan versi belum jadi ke konsumen - sekaligus merangkul mereka sebagai bagian dari tim pengembangan.

Kickstarter sadar apa gerangan yang sedang terjadi. Demi melindungi backer dan sebagai respon terhadap proyek-proyek gagal, mereka merevisi daftar syarat dan ketentuan pada tanggal 19 Oktober kemarin. Anda bisa lihat kurva penurunan jumlah dana dan keberhasilan proyek di bawah.

 

Via Eurogamer. Gambar: Wikia.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter