DScovery

Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Email Marketing

Selain dengan pelayanan yang prima, kepuasan pelanggan juga dapat dibangun melalui email marketing yang ramah biaya.

Setiap harinya akan ada bisnis baru yang muncul ke permukaan, hal ini tentunya menambah persaingan bisnis semakin ketat. Maka dari itu, strategi kepuasan pelanggan semakin dimaksimalkan guna memperkuat brand awareness dari perspektif konsumen.

Dalam dunia bisnis, brand awareness sangatlah penting, karena dengan adanya brand awareness dapat menunjukkan sejauh mana konsumen mengenal produk dari sebuah brand.

Namun, setelah konsumen dan pelanggan mengenal produk dari brand Anda, strategi berikutnya adalah mempertahankan pelanggan untuk tetap membeli produk dan jasa dari bisnis Anda, hal ini juga menjadi salah satu cara untuk membangun brand awareness dan menjaga kepuasaan pelanggan terhadap pelayanan bisnis Anda.

Customer Experience Sebagai Bentuk Loyalitas Pelanggan

Kepuasaan pelanggan adalah terkait keseluruhan perasaan pelanggan terhadap kinerja, produk, dan jasa yang telah didapatkan dari sebuah brand bisnis. Perasaan ini bisa berbentuk perasaan menyenangkan ataupun perasaan kecewa yang dialami pelanggan dari awal transaksi hingga selesai mendapatkan produk atau jasa.

Customer experience sangat penting dalam perusahaan, karena bagi pelanggan kepuasaan menjadi penilaian terhadap layanan brand yang mereka gunakan. Jika, pelanggan merasa puas tentunya loyalitas pelanggan akan terbentuk, dan akhirnya pelanggan bisa melakukan transaksi berulang atau juga merekomendasikan brand Anda ke orang lain. 

Membentuk loyalitas pelanggan melalui customer experience bisa dilakukan melalui pelayanan prima atau excellent service, karena dengan adanya pelayanan prima juga bertujuan untuk membuat pelanggan puas dan bisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Namun, sebuah brand dikatakan memiliki pelayanan prima adalah ketika brand tersebut mengadopsi tiga konsep pelayanan prima berikut:

  • Konsep Tindakan

Konsep tindakan adalah terkait sebuah tindakan yang dilakukan pegawai untuk memperhatikan dan mengecek apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, seperti mencatat pesanan pelanggan, mengecek kembali stock dan pesanan pelanggan, membantu pelanggan dalam menyelesaikan transaksi.

  • Konsep Sikap

Konsep sikap dalam pelayanan prima yang harus dimiliki oleh perusahaan ialah bagaimana pegawainya memiliki sikap ramah, sopan, dan penuh perhatian terhadap perusahaan atau pelanggan. Selain sikap di atas juga, pegawai harus berpenampilan rapi dan sopan sesuai dengan SOP perusahaan.

  • Konsep Perhatian

Selain konsep tindakan dan juga sikap, perusahaan saat melayani pelanggan harus memiliki perhatian terhadap pelanggan. Perhatian di sini berupa memperhatikan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan dan juga menempatkan kepentingan konsumen sebagai kepentingan prioritas.

Tidak hanya itu, melakukan pelayanan yang cepat dan tepat juga sebagai bentuk konsep perhatian.

Dengan adanya tiga konsep pelayanan prima, customer experience yang diterima perusahaan akan cenderung menguntungkan sebab kualitas pelayanan dari perusahaan tidak diragukan lagi oleh pelanggan. 

Memanfaatkan Email Marketing untuk Kepuasan Pelanggan

Menentukan dan melihat kepuasan pelanggan dapat digunakan dengan beberapa metode, salah satunya dengan menggunakan email marketing.

Email merupakan bentuk komunikasi digital yang saat ini sudah tidak asing lagi. Seperti yang diketahui, penggunaan email marketing dalam sebuah bisnis merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif.

Sesuai dengan yang disebutkan dalam artikel DailySocial bila generasi milenial lebih suka mendapatkan promosi brand melalui email karena sifatnya lebih personal.

Selain sebagai bentuk promosi, email marketing juga bisa digunakan sebagai bentuk komunikasi antara perusahaan dan pelanggan untuk mendapatkan customer experience. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter