Keputusan yang tepat mempengaruhi kelancaran startup, apakah itu memilih pegawai yang tepat, model bisnis hingga menentukan target pasar dan tujuan ke depannya. Tugas Anda sebagai pemilik startup menjadi krusial dalam hal pengambilan keputusan hingga melangkah ke tahapan selanjutnya di perusahaan, jika salah atau terlambat bisa mempengaruhi jalannya bisnis.

Sudah banyak perusahaan ternama yang terpaksa gulung tikar karena kurang peka terhadap tren, kondisi hingga teknologi. Sebut saja Kodak dan Blockbuster yang terpaksa harus tutup karena gagal untuk menjalankan bisnis menyesuaikan kondisi yang ada sehingga kurang tepat saat mengambil keputusan.

Artikel berikut ini akan membahas 4 cara tepat yang wajib dicermati saat mengambil keputusan untuk perusahaan.

Keputusan merekrut pegawai

Cara yang diambil oleh Google untuk melakukan perekrutan hingga menerapkan kultur perusahaan dengan memberikan fasilitas lengkap kepada pegawai, mungkin terlihat sedikit berlebihan. Namun cara tersebut terbukti berhasil menarik perhatian kandidat yang tepat dan berkualitas tinggi sehingga terciptanya tim yang solid. Dalam hal ini Anda pemilik startup berhak untuk menentukan seperti apa kultur perusahaan yang bakal diterapkan, namun cermati dengan baik kandidat yang akan direkrut.

Keputusan menentukan target pasar

Saat startup mulai dibangun kebanyakan pemilik startup cenderung kurang fokus dalam hal menentukan target pasar. Layanan atau produk “fits for all” akhirnya tercipta dan banyak yang berakhir gagal. Temukan target pasar yang tepat dan tentunya sesuai dengan model bisnis yang dimiliki. Jika Anda memutuskan untuk tampil lebih “niche” atau fokus kepada pasar tertentu hal tersebut sah-sah saja. Namun pastikan telah tervalidasi dan memiliki cukup konsumen yang bersedia untuk menggunakan dan membayar layanan atau produk yang Anda hadirkan.

Keputusan saat mengalami kegagalan

Sudah banyak startup yang mengalami kegagalan di masa awal, untuk itu siapkan mental Anda sebagai pemilik jika kegagalan terjadi. Tentukan langkah yang tepat secara cepat, jalur yang selanjutnya akan diambil, apakah memutuskan untuk pivoting atau mulai dari awal dengan pendekatan yang berbeda. Yang perlu diingat adalah, kegagalan merupakan tanda bahwa apa yang Anda tawarkan saat ini tidak berhasil.

Keputusan untuk menentukan tujuan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menentukan tujuan yang tepat, mulai dari membuat rencana secara bertahap, menentukan tonggak pencapaian dan menciptakan strategi pertumbuhan yang terstruktur agar Anda bisa membawa bisnis saat ini lebih baik lagi di masa depan. Dengan menentukan keputusan yang tepat, tidak hanya pertumbuhan yang baik yang akan Anda raih, namun juga efisiensi dan potensi untuk berhasil.