Kerja Sama dengan Microsoft, Xiaomi Bakal Integrasikan Office dan Skype ke Ponsel Besutannya

Termasuk ponsel-ponsel barunya seperti Mi 5, Mi 4s dan Mi Max

Kabar gembira bagi pemilik smartphone Xiaomi yang juga merupakan pengguna setia Microsoft Office. Mulai bulan September mendatang, sejumlah perangkat besutan Xiaomi bakal hadir dengan aplikasi Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook dan Skype yang sudah ter-install.

Perangkat-perangkat tersebut mencakup yang masih tergolong baru seperti Mi 5, Mi 4s dan Mi Max, maupun Redmi Note 3 dan Redmi 3. Integrasi ini dimungkinkan berkat kerja sama yang dilakukan antara Xiaomi dan Microsoft, yang merupakan kelanjutan dari kemitraan sebelumnya, dimana Xiaomi memanfaatkan platform Microsoft Azure untuk layanan Mi Cloud-nya.

Bagi Microsoft, kerja sama ini merupakan bagian dari strategi baru mereka untuk lebih berfokus pada software dan layanan untuk perangkat mobile ketimbang hardware. Sebelumnya Microsoft juga pernah mengadakan kerja sama serupa dengan Samsung, Acer dan LG.

Di sisi lain, kerja sama ini juga mencakup perpindahan 1.500 paten milik Microsoft ke tangan Xiaomi. Paten-paten ini menjangkau banyak bidang, mulai dari komunikasi nirkabel, cloud sampai paten seputar teknologi multimedia.

Buat Xiaomi, langkah ini tentunya bisa menjadi fondasi yang kuat guna memupuk ekspansi bisnisnya ke lebih banyak kawasan, khususnya pasar smartphone Amerika Serikat yang hingga kini masih belum ditembus. Posisi Xiaomi di Asia memang sudah terbilang kuat, namun Lei Jun dkk masih harus membuktikan reputasinya di mata global.

Sumber: Recode dan Microsoft. Gambar header: Twitter - Xiaomi.