Categories

Berita

Kerja Sama dengan Indomaret Dinilai Berikan Efektivitas Strategi O2O Tokopedia

Kemudahan bertransaksi menjadi salah satu prioritas yang ingin terus dioptimalkan Tokopedia

Randi Eka - 30 September 2015

Makin riuhnya industri e-commerce Tanah Air membut para pemainnya harus jeli dalam memaksimalkan kesempatan. Dewasa ini model online-to-offline (O2O) menjadi salah satu strategi yang banyak disoroti pemain e-commerce Tanah Air untuk merangkul pendatang baru di dunia online. Turut meramaikan strategi ini, layanan online marketplace Tokopedia memantapkan kerja sama dengan Indomaret untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Adanya kerja sama ini memungkinkan pengguna layanan Tokopedia untuk dapat membayar pesanannya di seluruh gerai Indomaret yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Berbicara tentang efektivitas Tokopedia menilai cukup terbukti baik. Sejak layanan pembayaran via Indomaret untuk transaksi Tokopedia dibuka pada 24 Juni hingga akhir September 2015 tercatat lebih dari ratusan ribu transaksi pembayaran pembelian barang. Strategi O2O bersama Indomaret ini tak lain dilakukan untuk mensiasati pola konsumen Indonesia yang baru beradaptasi dengan layanan belanja online. Yaitu untuk memantapkan kemudahan, keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi online.

“Kini siapa saja semakin mudah berbelanja di Tokopedia, tanpa harus memiliki rekening tabungan,” ujar Vice President Tokopedia, Melissa Siska Juminto.

“Layanan ini menambah metode pembayaran e-commerce di Indomaret. Di samping memberikan kemudahan kepada konsumen yang berbelanja online di Tokopedia, layanan ini akan meningkatkan trafik konsumen ke Indomaret.” ujar Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf.

Metode pembayaran melalui Indomaret dinilai tidak hanya menguntungkan para pembeli. Penjual yang bergabung bersama Tokopedia pun ikut merasakan manfaatnya. “Penjual di Tokopedia akan langsung mendapatkan notifikasi pesanan setelah pembeli melakukan pembayaran di Indomaret. Jadi, pemrosesan order lebih cepat dilakukan. Hal ini tentu meningkatkan reputasi toko online penjual yang bersangkutan,” terang Melissa.

Melissa menegaskan, “Kemudahan bertransaksi seperti ini akan menjadi salah satu prioritas kami, karena Tokopedia sangat memahami bahwa kepuasan pelanggan merupakan hal paling penting dalam bisnis jual-beli online.” Ia juga menyatakan bahwa hal tersebut adalah wujud komitmen Tokopedia untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Kerja sama toko online bersama Indomaret bukan hanya dilakukan Tokopedia. Sebelumnya untuk mengimbangi permintaan produk yang begitu tinggi, Xiaomi juga melakukan strategi yang sama, memberikan opsi kepada pengguna untuk melakukan pembayaran melalui Indomaret untuk transaksi online yang dilakukan via portal e-commerce yang dimiliki Xiaomi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter