9 August 2012

by Amir Karimuddin

Gandeng Lima Operator GSM, Qualcomm Indonesia Luncurkan Paket Data Khusus

Ini mungkin suatu langkah yang tidak lazim, tapi Qualcomm Indonesia berhasil menjalin kerjasama dengan lima operator GSM (Telkomsel, Indosat, XL Axiata, AXIS dan Tri) dan sejumlah partner vendor smartphone yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon untuk mengeluarkan paket data khusus. Diberi nama 3GQ (baca: "tri ji kyu"), paket data ini bakal berlaku efektif per pertengahan September depan dengan kecepatan yang diklaim hingga 7.2 Mbps.

Smartphone apa saja yang bisa menggunakan paket data 3GQ ini? Menurut informasi yang kami terima, setidaknya ada empat vendor smartphone ternama yang berpartisipasi dalam program ini. Mereka adalah jajaran Nokia Lumia (semua model), tiga jajaran teratas BlackBerry (Bold 9900, Torch 9810 dan Torch 9860), hampir semua smartphone Sony Xperia terbaru dan hampir semua smartphone HTC terbaru (kecuali HTC One X yang menggunakan prosesor Nvidia Tegra 3).

Langkah Qualcomm ini bertujuan untuk meningkatkan ekosistem 3G di Indonesia sekaligus memaksimalkan pengalaman penggunaan smartphone yang menggunakan prosesor Snapdragon 3G. Program ini nantinya akan berlaku di lima kota besar di Indonesia, ย yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar dan Medan. Promo berlaku hingga akhir tahun 2012.

Jadi berapa tarif yang diterapkan oleh masing-masing operator GSM? Penasaran? Simak tabel berikut untuk menentukan skema paket data mana yang paling pas untuk kebutuhan Anda [klik untuk memperbesar]