Categories

Mobile

Kesal dengan SMS Iseng? Blokir Pakai Aplikasi Truemessenger

Glenn Kaonang - 10 July 2015

"Mama, minta pulsa dong," adalah sebaris kalimat yang amat populer digunakan dalam aksi-aksi SMS penipuan, atau mungkin oleh seseorang yang yang benar-benar tidak bisa mengontrol keisengannya. Terlepas dari itu, SMS seperti ini jelas amat mengganggu buat semua orang, tanpa terkecuali.

Di Indonesia, kita belum bisa sepenuhnya meninggalkan SMS meski pertumbuhan smartphone semakin agresif setiap harinya. Mayoritas operator masih menawarkan paket layanan data bersama dengan layanan seluler tradisional, tidak seperti di negara-negara lain dimana kedua layanan tersebut sudah ditawarkan secara terpisah.

Berbeda dengan email, tidak ada opsi untuk memfilter spam di SMS. Oleh karena itu, kita harus tabah memblokir nomor-nomor pengirim SMS jahil tersebut secara manual, dan itu pun dengan catatan smartphone yang dipakai memang mengusung fitur serupa.

Kalau Anda setiap harinya selalu dibikin frustasi oleh lebih dari satu SMS iseng – seperti saya – Anda bisa menjajal aplikasi baru bernama Truemessenger. Aplikasi ini datang dari developer yang sama yang membuat Truecaller, sebuah aplikasi kontak yang cukup populer di kalangan pengguna perangkat Android.

Info menarik: 5 Aplikasi Kamera Selfie untuk Android dengan Fitur Paling Lengkap

Truemessenger dirancang untuk menggantikan aplikasi SMS bawaan smartphone. Ia siap memblokir SMS-SMS iseng secara otomatis sehingga kita tidak perlu melakukannya secara manual. Semua SMS yang diblokir ini akan masuk ke folder Spam, sama seperti di email.

Bagaimana cara Truemessenger tahu bahwa suatu SMS adalah spam? Dengan memanfaatkan data yang dikumpulkan oleh komunitasnya yang beranggotakan lebih dari 100 juta orang. Kalau suatu nomor memang terkenal akan keisengannya, Truemessenger bisa langsung mengidentifikasinya meski nomor tersebut tidak tersimpan dalam kontak Anda.

Anda pun bisa berkontribusi memperkaya database Truemessenger dengan fungsi report spam. Selanjutnya, kalau ternyata database Truemessenger belum bisa 'menyapu' semua SMS spam yang masuk, Anda bisa membuat filter sendiri berdasarkan keyword yang umum.

Truemessenger sudah bisa diunduh langsung melalui Google Play secara cuma-cuma. So, tidak ada salahnya mencoba.

Via: Android Authority.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter