1. Startup

Keseruan April Mop 2016 di Lanskap Startup Indonesia (Updated)

Mulai jasa penyewaan pasangan, kosmetik pria hingga akuisisi startup

Tanggal 1 April menjadi salah satu hari "bersenang-senangnya" para pelaku di industri startup digital tanah air. Kesempatan untuk memberikan kejutan unik dalam perayaan April Mop. Dari beberapa tahun belakang startup-startup di Indonesia hadir meramaikan perayaan ini, ada layanan e-commerce yang menjual baju tiba-tiba mempromosikan penjualan batu kali, sampai website berita yang menghilangkan unsur CSS dalam halaman onlinenya.

Tahun ini budaya tersebut masih berlanjut, dan dari pemantauan tim DailySocial, ada beberapa kejutan seru yang dihadirkan startup digital dalam negeri. Berikut ulasannya.

(1) MatahariMall Berikan Penyewaan Pasangan Secara Online

Melalui situs resminya pagi ini MatahariMall menyajikan penawaran spesial untuk menyewa pasangan secara online. Ya, isu mendapatkan pasangan (alias kejombloan) masih menjadi salah satu yang belum berhasil terpecahkan secara menyeluruh di bangsa ini, sehingga layanan e-commerce pimpinan Hadi Wenas ini mencoba memberikan solusi.

Belum ada rilis resmi berapa pasangan yang berhasil tersewa per hari ini. Namun dalam waktu dekat kami akan mencoba melakukan follow up kepada tim MatahariMall seputar produk tersebut.

(2) Pelet Online Asmaraku

Layanan e-commerce asmara satu ini meluncurkan sebuah layanan online untuk melakukan Pelet. Ya, didedikasikan bagi orang yang:

  • Jomblo menahun
  • Ditolak gebetan terus
  • Ingin tambah istri

Info lebih lanjut dapat dilihat di laman resmi Asmaraku.

 

(3) Tees.co.id Hadirkan Produk Lip Sticker for Men

Tampil unyu dan menawan tidak hanya identik dengan kaum hawa, setidaknya itu yang menjadi salah satu keyakinan Tees.co.id sehingga hari ini meluncurkan produk spesialnya Lip Sticker for Men. Produk ini menjadi salah satu yang paling unik, karena dalam peluncurannya Tees.co.id menggandeng para model yang cukup dikenal di lanskap startup nusantara. Bahkan bisa dikategorikan dalam jajaran veteran startup Indonesia. Ada yang kenal model-model berikut?

Produk ini dijual secara serius. Dan kita patut untuk ikut berdoa agar produk ini terjual secara laris untuk hadirnya kejutan berikutnya.

(4) YesBoss Berikan Kesempatan untuk Berpacaran dengan Asisten Pribadi

Masih dalam upaya ingin membahagiakan kaum yang kurang beruntung dalam urusan asmara, YesBoss hari ini meluncurkan layanan BossPacar. Sebuah kesempatan bagi para Kaum Jomblo untuk berpacaran secara virtual dengan asisten pribadi virtual cantik bernama Tasha. Berikut  penjelasan pihak YesBoss mengenai layanan baru mereka :

“Setelah melakukan riset selama beberapa bulan terakhir, cukup banyak Boss kami yang belum mempunyai pasangan dan meminta tolong dicarikan pacar oleh asisten pribadinya. Tentu dapat dimaklumi karena para pengguna YesBoss cukup sibuk dengan urusan dan pekerjaan mereka sehari-hari, hingga tidak mempunyai cukup waktu untuk mencari pacar. Kontan terlintas ide untuk meluncurkan fitur BossPacar ini. Karena YesBoss selalu berusaha memberikan yang terbaik dan ingin memudahkan keseharian para penggunanya. Harapannya adalah, para Boss akan lebih sering menggunakan layanan YesBoss karena dilayani secara personal oleh kekasih virtual mereka sendiri.”

(5) Konferensi Pers Bukalapak Seputar Dian Katrok

Bukalapak menggelar konferensi pers untuk memberikan klarifikasi terkait skandal yang sedang merebak di berbagai media sosial. Bukalapak menyesali kejadian Skandal Dian tersebut, seorang wanita yang kerap muncul bersama CEO dan Founder Bukalapak, Achmad Zaky, pada beberapa video yang tersebar di seantero platform media di Indonesia.

(6) Freeware Spaces undang Elon Musk dalam Sharing Session

Bekerja sama dengan beberapa perusahaan dan media yang fokus pada startup digital, Freeware Space mengumumkan sebuah acara Sharing Session bertajuk "kiat cepat kaya", menghadirkan salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia digital Elon Musk. Perangkat pendaftaran melalui Eventbrite pun dibuka. Namun kita hanya bisa berdoa, semoga acara ini bisa benar-benar terlaksana dengan nyata, mengingat Elon Musk adalah salah satu inspirator yang layak menjadi "kiblat" technopreneur.

(7) Dua Raksasa Mobile Game Indonesia Umumkan Merger

Altermyth dan Touchten hari ini mengumumkan untuk meleburkan entitasnya menjadi satu kesatuan. Kedua raksasa tersebut memutuskan untuk mensinergikan kekuatan positif mereka demi ekosistem mobile game Indonesia. Ditemui oleh tim kami, kedua pimpinan Altermyth dan Touchten saling melemparkan pujian-pujian antara satu sama lainnya.

(8) Qlue-Jek Berikan Layanan Antar Barang Menggunakan Drone

Mencoba mendahului sistem yang sedang diusung oleh Amazon, salah satu startup kebanggan DKI Jakarta ini mengumumkan insiatifnya menghadirkan layanan barang menggunakan medium Drone. Sontak masyarakat di Jakarta berbahagia, karena dinilai akan efektif, mengingat ruang udara masih lancar untuk digunakan bertransportasi. Namun benar juga jika beberapa orang masih khawatir akan ada oknum yang berusaha membajak, karena sampai saat ini ketapel masih menjadi persenjataan yang kepemilikanya belum dilarang oleh undang-undang.

(9) Liputan Spotify Berbahasa Jawa

DailySocial pun tak mau kalah. Saking bahagianya lagu ber-genre Campur Sari hadir di Spotify, kami mencoba memberikan apresiasi menuliskan review dengan bahasa yang sama digunakan dalam lagu-lagu tersebut. Dengan grammar Bahasa Jawa yang masih harus dimakhlumi, salah satu tim penulis kami yang berbasis di Jambi begitu bersemangat untuk mencurahkan kebahagiaannya. Jika tidak percaya, silahkan baca dan resapi artikel berikut ini: klik di sini

(10) Go-Jek Hadirkan Fitur Layanan Teman Kencan Go-Date

"Membangun ke-pede-an bangsa", tagline tersebut yang coba ingin dijadikan visi layanan terbaru Go-Jek berjulukkan Go-Date. Diumumkan oleh CEO Go-Jek Nadiem Makarim, lengkap dengan warna baju pink yang mengindikasikan lambang asmara, Go-Date diperkenalkan. Berikut video peluncurannya.

(11) CloudKilat Adakan Promo Diskon Besar dengan Kode Voucher Mentereng

Butuh layanan cloud computing dengan harga terjangkau? Sebuah promo dari penyedia layanan cloud jempolan di Indonesia hari ini dihadirkan spesial. Diumumkan langsung oleh sang General Manager melalui akun media sosial resminya, berikut kode voucher yang dapat digunakan untuk menikmati promo.

(12) idWinPhone Diakusisi Microsoft

Blog lokal yang menjadi salah satu rujukan pecinta produk Microsoft mengumumkan akusisinya oleh perusahaan yang selama ini hobi mereka beritakan. Ya, idWinPhone diakusisi oleh Microsoft.

Dalam rilis resminya Afit Husni menyampaikan bahwa ini menjadi yang pertama, perusahaan rintisan Bill Gates tersebut mengakusisi sebuah blog.

(13) Tinker Games yang Pivot Menjadi Tinker Entertainment

Produsen aplikasi permainan lokal ini memilih untuk melakukan pivot menjadi Tinker Entertainment. Mereka kini berfokus pada pengembangan talenta model, musisi dan artis.

(14) TeknoJurnal Resmi Mengakuisisi NGONOO

Tepat pada jam 16.12 WIB Firman sampai di Maliome Hackerspace, tempat di mana Tim NGONOO bermarkas. Perbincangan seru penuh dengan curhat namun padat dan singkat menghasilkan sebuah keputusan yang menggembirakan, yaitu TeknoJurnal mengakuisisi NGONOO. Begitulah salah satu penggalan rilis yang diterbitkan melalui situs NGONOO.com sore ini.

Bersama dengan langkah akuisisi ini maka tim mengumumkan nama perusahaan gabungan menjadi TeknooJurnal, dan website baru bisa diakses di http://teknoojurnal.com.

(15) Brand Trenologi.com diakusisi HoloLens

Saya sebagai salah satu ex- tim penulis di Trenologi.com begitu terharu mendengar kabar ini, sudah tidak bisa lagi berkata-kata. Untuk itu silahkan langsung dibuka artikel yang secara khusus ditulis oleh Editor in Chief Trenologi Wiku Baskoro: klik di sini.

Layak ditunggu 1 April 2017 nanti...

Saya pribadi sangat menikmati keseruan hari ini yang dihadirkan oleh rekan-rekan startup digital di Indonesia. Dan sangat tidak sabar untuk menanti kejutan apa lagi yang akan ditayangkan pada April Mop mendatang. Semoga keseruan seperti ini mampu menumbuhkan semangat juang, kekeluargaan, keceriaan dan inovasi startup digital tanah air.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again