Categories

Misc

Ketahui Deals di Sekitar Kita Menggunakan Aplikasi Mobile Banting

DailySocial - 4 July 2014

Layanan e-commerce yang menawarkan daily deals kini kian banyak. Cara yang dipakai untuk menarik konsumen pun juga beragam. Meski bukan yang pertama, Banting dengan nama yang unik hadir dengan menawarkan daily deals yang sedang berlaku berdasarkan lokasi penggunanya. Konsep penawaran deals, promo hingga diskon berdasarkan lokasi bukanlah hal yang benar-benar baru. Sudah ada Dealoka yang juga menawarkan konsep serupa.

Banting hadir dalam aplikasi mobile untuk iOS dan Android, dengan menggunakan bantuan GPS yang tertanam pada smartphone dan berusaha menawarkan deals menarik berdasarkan lokasi penggunanya. Konsep e-commerce seperti ini menarik karena pengguna dapat dengan cepat mendapatkan deals terbaik di sekitarnya. Selain melalui aplikasi mobile, Banting juga menyediakan pencarian deals melalui situsnya.

Sayang, Banting hanya menyediakan lokasi beberapa pusat perbelanjaan tertentu di situsnya untuk fitur pencarian deals. Tak lebih dari 10 pusat perbelanjaan yang terdapat di situs ini. Jumlah yang relatif sedikit mengingat banyaknya jumlah pusat perbelanjaan di Jakarta. Meski begitu ketika menggunakan aplikasi mobilenya, radius dari pencarian dapat diatur mulai dari satu kilometer hingga 25 kilometer.

Deals yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari promo tempat makan, diskon pakaian, hingga spa dan produk-produk kecantikan. Karena konsep yang ditawarkan Banting yang menawarkan deals berdasarkan lokasi, maka pengguna pun tak peru repot-repot untuk mencetak coupon yang didapat. Untuk menikmati layanan daily deals dari Banting pun cukup mudah, pengguna tinggal mengunduh aplikasi mobile Banting dan menunjukkannya di merchant, sebelumnya harus sudah mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Konsep seperti Banting ini memang telah lama ada. Diharapkan konsep mobile deals seperti ini sama-sama menguntungkan bagi pengguna ataupun merchant yang memasang iklannya. Memudahkan pengguna menemukan promo atau diskon yang menarik tentu saja jadi tujuan utama. Merchant yang beriklan setidaknya dapat memperoleh data seberapa efektif penggunaan deals yang dimanfaatkan konsumen.

Konsep penjualan online yang beragam pun terus bermunculan. Banting sendiri tentu saja bersaing dengan Dealoka yang menawarkan konsep serupa. Belum lagi mereka harus bersaing dengan beberapa platfrom instant messaging yang juga menggandeng beberapa merchant untuk menawarkan deals-nya. Banting yang memiliki jumlah merchant cukup signifikan harus terus berinovasi untuk menjaga daya saing terhadap kompetitor yang bermain di segmen yang sama.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Aditya Daniel. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter