Digital Marketing

Ragam Keuntungan dari Bisnis Affiliate, Berikut Daftarnya!

Bisnis affiliate tengah banyak digandrungi oleh masyarakat. Salah satu alasannya karena bisnis ini dapat dimulai dengan modal minim dan dijalankan secara online. Tak hanya itu, potensi keuntungannya juga besar, sehingga amat menarik minat masyarakat.

Affiliate pada dasarnya merupakan sebuah model bisnis yang menerapkan sistem pemberian komisi, berdasarkan angka penjualan yang dihasilkan dari mitra afiliasi. Cara kerjanya dimulai dari mitra afiliasi mempromosikan produk dari perusahaan penyelenggara, terjadi transaksi dari hasil promosi, lalu mitra afiliasi dapat keuntungan.

Lantas, apa saja keuntungan yang didapatkan oleh mitra afiliasi, sehingga tertarik bergabung pada bisnis affiliate, yang diselenggarakan oleh berbagai perusahaan? Berikut ini daftarnya.

Keuntungan Ikut Program Affiliate Marketing

  • Minim Modal

Modal yang diperlukan dalam mengikuti bisnis affiliate sangat rendah bahkan cenderung tanpa modal. Jika Anda sudah memiliki laptop, PC atau ponsel pintar yang terhubung dengan koneksi internet, maka dapat langsung mengikuti bisnis ini, tanpa keluar biaya.

  • Risiko Rendah

Selain minim modal, ikut bisnis affiliate memiliki risiko yang rendah. Dalam bisnis ini, tidak ada kontrak yang mengikat atau target yang perlu dicapai. Mitra affiliate dapat dengan tenang mempromosikan produk affiliate, tanpa khawatir produk tidak laku.

  • Mudah Dijalani

Umumnya, dalam bisnis perlu menjalani rangkaian operasional yang melelahkan. Sementara, bisnis affiliate dapat dengan mudah dijalani tanpa keluar tenaga. Mitra affiliate bisa meraup keuntungan cukup dengan membuat calon pelanggan mengunjungi situs yang diiklankan, hingga melakukan transaksi.

  • Fleksibel

Bisnis affiliate dapat dijalani secara fleksibel, yang berarti dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Cukup dengan koneksi di media sosial, mitra affiliate dapat menghasilkan keuntungan dengan menjaring calon pelanggan melalui konten yang diunggah.

  • Keuntungan Menjanjikan

Banyak perusahaan penyelanggara program affiliate yang menanjikan keuntungan cukup besar bagi mitra affiliate. Besarannya komisi yang ditawarkan beragam, mulai dari 10 ribu hingga 100 ribu rupiah per transaksi yang dihasilkan.

Kerugian Bisnis Affiliate Bagi Para Mitra

Selain memiliki beragam potensi keuntungan, sebagaimana bisnis pada umumnya, bisnis affiliate juga tak lepas dari bayang-bayang kerugian. Berikut beberapa kerugian dari bisnis tersebut.

  • Penghasilan Tak Menentu

Seperti yang sudah diketahui, bisnis afiliasi sangat bergantung pada jumlah kunjungan dan pembelian yang dihasilkan dari promosi mitra afiliasi. Sehingga, tidak menjamin keuntungan yang pasti pada setiap iklannya.

  • Durasi Tracking yang Singkat

Dalam bisnis afiliasi, terdapat sistem tracking yang merekam transaksi dari tautan yang dipromosikan mitra afiliasi. Sayangnya, durasi tracking tersebut biasanya hanya berlaku selama satu bulan. Sehingga, jika lebih dari itu, transaksi tidak dianggap sebagai hasil kerja mitra afiliasi.

  • Komisi Tidak Bersifat Renewal

Selain itu, komisi pada bisnis afiliasi ini tidak bersifat renewal. Artinya, mitra afiliasi mendapatkan keuntungan hanya dari pengunjung baru yang melakukan transaksi melalui tautan produk yang dipromosikan mitra. Jika ada pembelian kedua, tidak bisa diklaim keuntungannya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter