Listicles

10 Keuntungan Investasi Emas untuk Kamu yang Masih Ragu-ragu

Selain aman, investasi emas juga memiliki banyak keuntungan lainnya. Simak informasinya berikut ini.

Investasi emas adalah salah satu instrumen investasi paling mudah dan aman dijalankan, bahkan bagi pemula sekalipun. Ini karena investasi emas memiliki lebih banyak kelebihan daripada kekurangan.

Mau tahu apa saja kelebihan investasi emas? Ini daftarnya.

Risiko Kecil

Investasi emas cenderung memiliki risiko rendah karena kebutuhan akan emas selalu ada. Selain itu, pergerakan harga emas juga cenderung stabil sehingga kecil kemungkinannya untuk terjadi lonjakan atau penurunan harga emas secara drastis.

Nilai Aset Cenderung Stabil

Tidak dipungkiri bahwa nilai emas pasti akan naik turun atau fluktuatif. Akan tetapi, seperti yang disebutkan sebelumnya, volatilitas harga emas cenderung lebih stabil.

Jika memang terjadi penurunan atau kenaikan harga, mungkin akan turun atau naik beberapa persen saja. Maka dari itu, simpanlah emas dalam jangka panjang, karena investasi emas akan terus tumbuh dan memberikan keuntungan tiap tahunnya.

Aman

Karena risiko kecil dan nilainya yang cenderung stabil, maka investasi emas adalah pilihan paling aman untuk berinvestasi. Jika dibandingkan, investasi emas atau reksa dana yang juga memiliki risiko cenderung rendah, emas masih bisa dikatakan lebih aman.

Ini karena reksa dana memiliki risiko-risiko yang harus dipertimbangkan investor. Sedangkan, kerugian emas yang akan dibahas di bawah, terhitung lebih sedikit.

Bebas Bunga

Investasi emas juga bebas bunga, loh! Memang beberapa layanan membebani bunga, tetapi ada juga yang tidak. Misalnya, seperti layanan investasi emas di Pegadaian. Kamu hanya akan dikenai biaya administrasi saja dan tanpa bunga.

Nah, buat kamu yang ragu apakah investasi emas itu haram karena riba, memilih produk investasi emas tanpa bunga adalah pilihannya. Lagipula, MUI sudah menetapkan kalau investasi emas dalam Islam itu mubah hukumnya atau boleh, bahkan dianjurkan.

Mudah Dicairkan

Kemudahan likuiditas juga menjadi pertimbangan investor menanam uangnya pada instrumen investasi tertentu. Dengan investasi emas, kamu bisa dengan leluasa mencairkannya kapan saja dalam durasi yang cepat.

Kamu bisa mendatangi butik emas terdekat atau menghubungi aplikasi penyedia investasi emas online untuk mencairkan tabungan emas yang kamu miliki. Saldo emas tak lama akan sampai di rekeningmu.

Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Siapa bilang investasi emas mahal? Mahal murahnya akan tergantung pada cara kamu berinvestasi emas. Saat ini, sudah banyak layanan yang menyediakan tabungan emas, baik secara offline maupun online. Secara online, kamu sudah bisa mulai investasi emas dengan hanya merogoh kocek Rp 5.000 saja.

Pelindung Nilai

Nilai emas yang cenderung stabil akan melindungi kekayaanmu. Selain itu, memiliki emas juga sangat berguna saat terjadi inflasi. Pasalnya, emas dikenal sebagai investasi yang tahan inflasi. Ini karena dalam keadaan krisis, emas dianggap memiliki fungsi alat tukar seperti uang.

Mempermudah Pinjaman ke Bank

Dengan memiliki jumlah emas tertentu, kamu bisa mendapat approval pinjaman bank dalam sehari, loh! Selain itu, kamu juga mendapat privilege yaitu bunga lebih rendah daripada peminjam umum. Hebat bukan?

Diversifikasi Investasi

Nilai emas yang cenderung stabil tentunya bisa menjadi upaya diversifikasi investasi oleh investor. Ini untuk menjaga nilai kekayaan atau investasi, di mana instrumen investasi lainnya memiliki risiko yang cukup tinggi.

Bisa Jadi Dana Darurat

Sifat emas sebagai pelindung saat inflasi membuatnya cocok dijadikan dana darurat. Pada dasarnya, investasi emas memang seperti menabung konvensional dan untuk keadaan tak menentu. Tetapi, dengan segala keuntungannya, investasi emas rasanya lebih worth it daripada menabung uang biasa bukan?

Meski investasi emas memiliki banyak keuntungan, terdapat pula beberapa kerugian yang patut dipertimbangkan, seperti”

  1. Pertumbuhan Nilai Cenderung Lambat. Nilai emas memang akan terus naik, tetapi tidak dalam waktu cepat. Maka dari itu, investasi emas tidak cocok bagi investor agresif yang ingin return Investasi emas cenderung digunakan untuk investasi jangka panjang.
  2. Terdapat Biaya Penitipan dan Administrasi. Saat kamu menggunakan layanan investasi emas tertentu, kamu harus membayar jasanya melalui biaya penitipan dalam kurun waktu tertentu dan biaya administrasi. Jika durasi telah habis, biaya akan dibebankan melalui pemotongan saldo emas. Yang penting, lakukan riset menyeluruh untuk membandingkan biaya ini di masing-masing layanan.

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugiannya, sekarang waktunya kamu mulai investasi emas. Sebelum memulainya, pastikan kamu mempelajari juga cara dan tips investasi emas yang aman.

Jangan lupa juga untuk memilih produk investasi emas terbaik agar semakin menguntungkan. Terdapat banyak sekali jenis emas yang dapat diinvestasikan. Mulai dari emas batangan, menabung emas, perhiasan emas, koin emas, dan masih banyak lagi. Selamat berinvestasi!

Sumber gambar header: iStock Photo


Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter