Keuntungan vs Kerugian Meminjam Uang Online

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi online untuk meminjam uang, lho. Apa sih keuntungan dan kerugiannya?

Kalau kamu membutuhkan uang dengan cepat, enggak ada salahnya lho mengandalkan aplikasi online yang menyediakan jasa peminjaman uang. Namun, kamu harus mempertimbangkan dengan bijak baik keuntungan maupun kerugiannya agar tidak terjebak utang. Berikut artikel mengenai keuntungan dan kerugian meminjam uang menggunakan aplikasi online.

Keuntungan Meminjam Uang Melalui Aplikasi Online

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan jasa pinjam uang online melalui aplikasi, antara lain:

Prosesnya Terbilang Mudah

Nah, mulai dari tahap pengajuan pinjaman, verifikasi, sampai pencairan uang prosesnya sangat mudah. Bahkan, hanya perlu menunggu beberapa jam saja sampai pencairan uang berhasil. Pada tahap pengajuan, kamu hanya perlu mengisi identitas diri seperti nama, alamat, nomor telepon serta beberapa dokumen pendukung lainnya.

Pencairan Dana Cepat

Selain menawarkan kemudahan, aplikasi pinjaman uang online ini juga cepat proses pencairan dananya. Hanya berkisar beberapa jam saja sampai paling lambat 3 hari jam kerja. Sudah pasti aplikasi pinjaman uang online ini bisa diandalkan ketika membutuhkan uang dalam waktu cepat.

Persyaratan Mudah

Kamu hanya perlu memenuhi dan mengisi beberapa persyaratan saja untuk bisa melakukan proses peminjaman uang melalui aplikasi online. Syarat yang dibutuhkan biasanya kamu membuat akun pada aplikasi pinjaman online, mengisi biodata, dan mengunggah foto KTP dan juga fotomu sedang memegang KTP.

Kerugian Meminjam Uang Melalui Aplikasi Online

Kerugian ini bisa kamu pertimbangkan jika ingin mengajukan pinjaman uang online, antara lain:

Pemberlakuan Sistem Bunga Harian

Tak jarang aplikasi penyedia jasa layanan peminjaman online ini menerapkan sistem bunga harian pada nasabahnya. Kalau kamu ingin mengajukan pinjaman dengan tenor singkat, mungkin ini masih bisa dijadikan pilihan. Namun, kalau tenor yang kamu inginkan dalam jangka waktu panjang tentu sangat tidak direkomendasikan. Mengingat, jika tidak dibayarkan akan terus membuat tagihan utangmu semakin besar. Terlebih kamu akan dikenakan denda apabila telat membayar pinjaman.

Terdapat Limit Pinjaman

Limit pinjaman yang bisa kamu ajukan biasanya terbatas. Apalagi kalau kamu merupakan pengguna baru dari aplikasi tersebut. Biasanya limit yang kamu terima hanya sejumlah ratusan ribu sampai jutaan saja, tidak lebih. Sehingga, kalau kamu membutuhkan uang dengan jumlah banyak menggunakan jasa aplikasi penyedia pinjaman online ini tidak tepat. Namun, kalau kamu rutin meminjam uang dan melakukan pembayaran dengan lancar limit kamu akan terus bertambah.

Beresiko Tinggi

Kamu jangan cepat tergiur dengan kemudahannya saja. Meminjam uang melalui aplikasi online juga beresiko tinggi, lho. Mengingat bunga pinjamannya yang tinggi, kamu harus siap membayar pinjamanmu itu tepat waktu agar bunganya tidak bertambah. Jika kamu pembayaran kreditmu terkendala, kamu akan semakin beresiko terjerat utang yang menumpuk.

Ketagihan Meminjam

Gunakan aplikasi peminjaman online ini dengan tepat. Jangan terus menerus mengandalkan uang dengan kemudahan ini, apalagi untuk memenuhi perilaku konsumtifmu. Jangan sampai uang untuk biaya kebutuhan hidupmu hanya habis untuk membayar tagihan utang saja.

Pastikan kamu bisa memanfaatkan aplikasi pinjaman online ini dengan bijak, ya. Agar kamu tidak terjebak dalam jeratan utang. Pertimbangkan sebaik mungkin sebelum kamu ingin mengajukan pinjaman online.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again