Keybase Chat Tawarkan Komunikasi Terenkripsi Tanpa Perlu Bertukar Nomor Ponsel atau Email

Keybase Chat Tawarkan Komunikasi Terenkripsi Tanpa Perlu Bertukar Nomor Ponsel atau Email

Yang Anda perlukan hanyalah akun media sosial seperti Facebook atau Twitter untuk bisa mengirimkan pesan secara aman ke seseorang
keybase-chat
keybase-chat

Dewasa ini, kita tidak kekurangan aplikasi pesan instan terenkripsi. Ambil contoh Signal, yang merupakan aplikasi pilihan Edward Snowden, sosok yang bertanggung jawab atas meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya fitur enkripsi guna melindungi privasi mereka masing-masing. Bahkan aplikasi lain yang jauh lebih populer seperti WhatsApp atau Viber juga ikut mengamini tren ini.

Namun dalam aplikasi-aplikasi tersebut, pengguna diwajibkan untuk saling bertukar nomor ponsel, email atau username sebelum akhirnya bisa berkomunikasi. Kasusnya berbeda jika Anda menggunakan aplikasi baru bernama Keybase berikut.

Keybase sebenarnya sudah beroperasi sejak tahun lalu, namun pada saat itu fokusnya hanya pada aspek file sharing. Baru-baru ini, mereka memperluas platform-nya ke ranah instant messaging lewat Keybase Chat. Yang unik dari Keybase Chat adalah, username atau identitas Anda berasal dari akun publik yang sudah Anda punyai, seperti misalnya Facebook, Twitter, Github atau bahkan Reddit.

Ini berarti Anda sama sekali tidak perlu bertukar nomor ponsel atau email untuk bisa berkomunikasi. Cukup cantumkan username Twitter seseorang, maka Anda bisa langsung mengiriminya pesan yang terenkripsi lewat Keybase. Hebatnya lagi, sang penerima pesan tersebut tidak harus punya akun Keybase terlebih dulu.

Selebihnya, Keybase Chat bekerja seperti aplikasi pesan instan pada umumnya. Fitur blokir dan mute juga tersedia – penting mengingat Anda sekarang pada dasarnya bisa dikirimi pesan terenkripsi oleh siapapun yang mengenal Anda di media sosial.

Untuk sekarang, aplikasi Keybase baru tersedia di Windows, Mac dan Linux saja, akan tetapi tim pengembangnya berjanji untuk meluncurkan aplikasi mobile-nya dalam waktu dekat.

Sumber: Keybase Blog dan Engadget.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…