Categories

Gadget

Keyboard Razer Huntsman Andalkan Switch Unik Hasil Perkawinan Tipe Mekanis dan Optik

Dinamai switch Opto-Mechanical, ia menjanjikan sensasi taktil ala switch mekanis, plus responsivitas switch optik yang superior

Glenn Kaonang - 29 June 2018

Belakangan industri gaming banyak membicarakan mengenai keyboard berbekal switch optik, bukan mekanis seperti yang kita agung-agungkan selama ini. Razer pun tidak mau ketinggalan. Mereka bahkan mencoba mengawinkan switch mekanis dan optik hingga melahirkan tipe baru yang mereka sebut dengan istilah “Opto-Mechanical”.

Switch tipe baru ini sudah bisa kita dapatkan lewat keyboard bernama Razer Huntsman. Razer sederhananya ingin memadukan kelebihan masing-masing tipe switch; sensasi taktil yang disuguhkan switch mekanis, plus responsivitas switch optik yang amat superior.

Razer Huntsman

Cara kerja switch Opto-Mechanical ini cukup unik. Di balik setiap tombol ada sinar inframerah yang menyala melintang. Tiap kali tombol diklik, maka bagian bawahnya akan ‘memotong’ sinar tersebut, dan komputer akan langsung menerima sinyal dari keyboard secara instan bahwa sebuah tombol telah ditekan.

Menurut Razer, switch Opto-Mechanical yang dimiliki Hunstman lebih responsif 30 persen ketimbang switch mekanis tradisional, dengan key travel sedalam 1,5 mm dan actuation force 45 gram. Ketahanannya pun diestimasikan bisa mencapai 100 juta klik, sekitar dua kali lebih tangguh dari switch mekanis.

Razer Huntsman Elite

Mengapa bisa lebih awet ketimbang keyboard mekanis standar? Karena pada switch Opto-Mechanical ini sejatinya kontak fisik yang terjadi ketika tombol ditekan sangatlah minim. Selain itu, Razer juga menyelipkan komponen stabilizer supaya respon keyboard tetap konsisten meski kita menekan tombol tidak benar-benar di tengah.

Razer menawarkan dua varian Huntsman: standar dan Elite. Perbedaannya, varian Elite mengemas sejumlah tombol multimedia di ujung kanan atas, lengkap beserta sebuah kenop multifungsi yang dapat diprogram sesuai kebutuhan. Di samping itu, varian Elite juga dilengkapi wrist rest unik yang mudah dilepas-pasang secara magnetik, serta bisa menyala warna-warni bagian sisinya seperti keyboard-nya.

Razer Huntsman Elite

Di Amerika Serikat, Razer Huntsman saat ini sudah dipasarkan seharga $150, sedangkan Huntsman Elite seharga $200.

Sumber: Razer.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id