Categories

Gadget

Keyboard SilentKeys Jaga Privasi dan Keamanan Anda Saat Menjelajahi Web

Anda cukup mencolokkannya ke PC, tekan tombol SK di area atas keyboard, kemudian pilih level privasi.

Yoga Wisesa - 28 June 2016

Tak banyak orang menyadari bahwa keyboard bisa menjadi celah masuknya ancaman keamanan. Ambil contohnya metode keylogger, ia dapat dihadirkan dalam bentuk malware dan disisipkan ke sistem Anda, atau menggunakan chip yang dipasangkan ke PC. Apapun caranya, keylogger mengetahui tiap kata yang diketik, mengekspos segala data dan informasi pribadi Anda.

Melihat besarnya dampak buruk yang bisa disebabkan oleh masalah ini, satu startup kecil dari Perancis terpanggil untuk memberikan solusi. Preevio memperkenalkan SilentKeys, yaitu keyboard unik spesialis perlindungan privasi serta keamanan. Periferal tersebut dapat menangkis serangan virus, peretas, menghadang iklan-iklan pengganggu, serta menghalangi upaya pencurian identitas.

SilentKeys memiliki desain yang ringkas, bisa langsung digunakan begitu dicolokkan ke PC.

SilentKeys adalah keyboard USB plug-and-play, bekerja baik saat Anda online maupun offline. Perangkat juga mengusung desain tenkeyless yang mungil dan tipis, sehingga praktis dibawa-bawa. SilentKeys juga dilengkapi sebuah port USB, memudahkan Anda menyambungkan mouse ataupun flash drive. Developer turut menyediakan opsi layout, antara lain US, UK, FR (Perancis), DE (Jerman), dan ES (Spanyol).

Cara pemakaian SilentKeys sangat sederhana. Anda cukup mencolokkannya ke PC, tekan tombol SK di area atas keyboard, kemudian pilih level privasi. Device dibekali sistem operasi embedded Satya Desktop, ia beroperasi otomatis dan mampu mengabaikan OS serta hard drive di PC, menjaganya dari sistem-sistem terinfeksi serta mengenkripsi arus data. Pendeknya, Anda bisa bekerja ataupun menjelajahi web secara leluasa dan anonim.

Isi dari satu paket pembelian SilentKeys.

Di opsi tingkat privasi rendah, SilentKeys segera membuka browser Satya, menyajikan aktivitas jelajah internet secara anonim, dan dapat menyaring iklan. Lalu ketika Anda pilih level tertinggi, sistem akan restart dan membawa pengguna masuk ke OS Satya Desktop. Fitur-fitur tadi tetap ada, ditambah kapabilitas menangkal virus serta malware, plus jaringan terenkripsi dan ruang penyimpanan super-aman.

Sewaktu Satya Desktop beroperasi, segala software keylogger yang tersembunyi di OS default tidak bisa jalan. Satya dikembangkan dari Tails Operating System, merupakan platform rekomendasi para profesional IT, dari mulai Edward Snowden sampai Electronic Frontier Foundation. Browser anonim Satya sendiri berbasis Tor Browser dan Linux. Di sisi hardware, SilentKeys tidak dapat diakali dan tidak menginstal apapun di PC, sehingga tak meninggalkan jejak.

SilentKeys bisa Anda pesan sekarang via situs crowdfundingKickstarter. Di sana Preevio menjajakannya seharga € 170 (US$ 189-an), lebih murah € 80 dibanding versi retail, mulai didistribusikan November 2016 nanti.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter