20 April 2015

by Bambang Winarso

Kian Populer, Pengguna Aktif WhatsApp Sentuh 800 Juta Setiap Bulannya

Baru-baru ini CEO WhatsApp, Jan Koum, mem-posting pada pada halaman Facebook miliknya, yang mengklaim bahwa aplikasi WhatsApp telah mencapai 800 juta pengguna aktif setiap bulannya. Dengan demikian, maka pengguna aplikasi tersebut telah mengalami kenaikan sebanyak 33% sejak bulan Agustus 2014 lalu.

Dengan demikian hanya berselang tiga bulan sejak klaim statistik terakhir pada Januari 2015 lalu, telah terjadi peningkatan pengguna aktif WhatsApp sebanyak 100 juta orang. Dengan capaian mengesankan ini, bukan sesuatu yang mustahil bila pada tahun 2015 nanti pengguna aktif WhatsApp mencapai satu milyar setiap bulannya.

Dalam postingannya tersebut, Jan Koum menekankan bahwa pengguna aktif tidak sama dengan pengguna terdaftar. Dan itu memang benar! Pengguna terdaftar WhatsApp jika dibandingkan dengan angka pengguna aktif ini bisa jadi dua atau tiga kali lipatnya.

Info Menarik:Windows 10 Untuk Ponsel Punya Fitur Keyboard Ramah Penggunaan Dengan Satu Tangan

Untuk informasi, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, telah membeli aplikasi WhatsApp ini senilai lebih dari $21,8 miliar pada tahun 2014 lalu ($16 miliar dan tambahan $3 miliar dalam bentuk restricted stock unit.). Kendati telah memberikan kepastian tidak akan mengubah banyak hal di tubuh WhatsApp, namun disinyalir Zuckerberg punya niatan untuk menambah bottomline perusahaannya pada saat WhatsApp mencapai satu milyar pengguna aktif setiap bulannya nanti.

Saat ini, dengan aplikasi WhatsApp penggunanya tak hanya dapat mengirim pesan satu sama lainnya, tetapi juga melakukan panggilan suara dari versi Android. Tak lama lagi, pengguna iOS dan Windows Phone juga akan dapat menikmati fitur yang sama.

Bahkan telah muncul bocoran yang disinyalir merupakan versi WhatsApp untuk pengguna Windows Phone. Terlihat beberapa tindakan seperti Dialing, Incoming Call, Answer, Ignore, Messages, yang menegaskan bahwa pengguna Windows Phone akan mampu melakukan ataupun menerima panggilan suara dengan WhatsApp.

Versi iOS tak kalah pentingnya, bahkan diyakini iOS akan mendapatkan giliran terlebih dahulu sebelum menjamah Windows Phone – tak mengejutkan sih.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Gil C/Shutterstock.